Dari Manakah Asal-usul dan Siapakah yang Meciptakan Olahraga Hoki?

By Agnes Angelros Nevio, Selasa, 26 April 2022 | 10:00 WIB
UNSPECIFIED - CIRCA 1900: Peradaban Yunani, abad ke-5 SM. Alas patung kouros yang menggambarkan pemain dengan tongkat dan bola, yang dikenal sebagai (DEA / G. NIMATALLAH)

Nationalgeographic.co.id—Asal usul olahraga hoki es mungkin berasal dari permainan tongkat dan bola yang dimainkan selama Abad Pertengahan. Bahkan, olahraga ini boleh jadi dimainkan pada zaman Yunani kuno dan Mesir kuno. Beberapa orang percaya bahwa permainan ini berevolusi dari permainan lempar Irlandia kuno. Akan tetapi, sejak kapan hoki es mulai dimainkan masih tetap misteri.

“Ada lukisan tahun 1500-an [menggambarkan] orang memainkan sesuatu di atas es yang terlihat seperti hoki,” kata Phil Pritchard, kurator di Hockey Hall of Fame di Toronto. "Mereka bahkan punya tongkat."

Nenek moyang terdekat olahraga modern ini mungkin adalah "chamiare", atau "shinty"—permainan tongkat dan bola yang dimainkan di atas es pada awal 1600-an di Skotlandia.

Pada pertengahan 1700-an, sebuah permainan yang disebut bandy dimainkan di atas es di dataran timur Inggris. Di musim dingin, pemain berkompetisi dengan sepatu besi di atas es yang terbentuk di padang rumput yang banjir.

Permainan itu menyebar ke London dan kemudian pada 1850-an ke Kanada timur, di mana itu dimainkan oleh tentara Inggris. Pada abad ke-19, penduduk asli Amerika di Kanada memainkan permainan serupa.

Dari Mana Nama 'Hoki' Berasal?

Istilah "hoki," menurut The Canadian Encyclopedia, dapat ditelusuri ke sebuah buku tahun 1773 yang diterbitkan di Inggris berjudul Juvenile Sports and Pastimes. Namun, nama itu mungkin mendahului referensi paling awal yang diketahui. Sebuah versi permainan yang dimainkan di lapangan—hoki lapangan—berkembang selama periode itu juga.

Di Inggris Raya, surat kabar pada awal 1840-an merujuk pada hoki yang dimainkan di atas es. Sebuah surat kabar Skotlandia melaporkan pada 1842 tentang kematian selama pertandingan hoki yang melibatkan sekitar 20 peserta berseluncur di kanal: “Es tiba-tiba pecah, dan beberapa tenggelam, tetapi diselamatkan, kecuali seorang anak yang malang.”

Adegan sungai musim dingin dengan skater, kereta luncur yang ditarik kuda dan orang-orang memainkan versi hoki es, c. 1660. ()

Pada 1864, Pangeran Wales bermain hoki di danau dengan klub skating London. ”Permainan itu terus berlangsung dengan luar biasa hingga jam 2,” lapor sebuah surat kabar London, ”ketika sang pangeran dan para pemainnya memperbaiki Kuil Pemancingan, tempat mereka menikmati makan siang yang mewah.”

Pada 1949, sebuah majalah di Uni Soviet mengklaim olahraga itu ditemukan dan disempurnakan di Rusia pada pertengahan abad ke-19. Tapi klaim itu mungkin meragukan.

Game Hoki Terorganisir Pertama