Asteroid Sepanjang Enam Kali Tinggi Monas Akan Melewati Bumi!

By Utomo Priyambodo, Kamis, 28 April 2022 | 13:00 WIB
Ilustrasi asteroid mendekati Bumi. (Pinterest)

Nationalgeographic.co.id—Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) melaporkan bahwa sebuah asteroid raksasa yang "berpotensi berbahaya" akan meluncur melewati Bumi pada Kamis, 28 April 2022. Asteroid raksasa itu memiliki panjang sekitar enam kali dari tinggi Monumen Nasional (Monas).

Asteroid tersebut bernama 418135 (2008 AG33). Diameternya diperkirakan antara 350 hingga 780 meter.

Astroid ini akan menembus orbit Bumi dengan kecepatan puncak 37.400 kilometer per jam atau sekitar 30 kali kecepatan suara. Syukurlah, asteroid itu diperkirakan akan meluncur melewati planet kita tanpa risiko benturan.

Pada titik terdekatnya, asteroid tersebut akan berada dalam jarak sekitar 3,2 juta kilometer dari Bumi. Jarak tersebut kira-kira adalah delapan kali jarak rata-rata antara Bumi dan Bulan.

Angka jarak ini mungkin terkesan sangat jauh. Namun menurut standar kosmik, jarak itu sebenarnya hanya bagaikan sepelemparan batu.

NASA menandai objek luar angkasa apa pun yang berada dalam jarak 193 juta kilometer dari Bumi sebagai "objek dekat Bumi" dan objek apa pun yang bergerak cepat dalam jarak 7,5 juta kilometer sebagai "berpotensi berbahaya".

Setelah objek-objek itu ditandai, para astronom kemudian memantaunya dengan cermat. Mereka mengamati apakah ada penyimpangan dari lintasan yang diprediksi yang dapat menempatkan objek-objek tersebut pada jalur tabrakan dengan Bumi.

Asteroid yang pertama kali masuk ke area dekat Bumi ditemukan pada 12 Januari 2008 oleh surveyor asteroid di observatorium Mt. Lemmon SkyCenter di Arizona dan terakhir melewati Bumi pada 1 Maret 2015, menurut Center for Near Earth Object Studies (CNEOS) NASA.

Asteroid itu melewati planet kita kira-kira setiap tujuh tahun, dengan penerbangan jarak dekat berikutnya diprediksi akan terjadi pada 25 Mei 2029.

  

Baca Juga: Asteroid Menabrak Bumi Dua Jam Setelah Para Astronom Mendeteksinya

Baca Juga: Bagaimana Kecoak Bertahan Hidup dari Asteroid Pembunuh Dinosaurus?