Hasil Studi Ungkap Kegunaan Baru pada Belati dari Zaman Perunggu

By Maria Gabrielle, Minggu, 1 Mei 2022 | 08:00 WIB
Dalam studi ini para peneliti melakukan analisis pada 10 belati. (Caricola et al.,/Scientific Reports)

Nationalgeographic.co.id - Belati menjadi salah satu peninggalan yang ditemukan di berbagai wilayah. Namun artefak yang satu ini kurang dipahami penggunaannya.

Benda ini pertama kali muncul hampir bersamaan di Eropa Timur atau Tengah, Pegunungan Alpen, dan semenanjung Italia pada awal milenium keempat SM. Dilansir dari Sci-News, sejak awal belati dibuat dari batu api atau tembaga (pertama dicampur dengan arsenik, kemudian dengan timah) tergantung dari kedekatan dengan sumber atau preferensi budaya.

Lalu pada awal milenium kedua SM, belati dibuat, digunakan, dan ditukar dari Kreta di selatan Eropa ke Skandinavia di bagian utara. Dari stepa Ukraina di timur hingga Irlandia di barat.

Karena belati sering kali ditemukan di pemakaman pria yang kaya akan senjata, banyak peneliti berspekulasi bahwa itu adalah benda seremonial. Sedangkan yang lain menduga belati digunakan sebagai senjata atau alat untuk kerajinan. Namun, kurangnya metode analisis yang ditargetkan untuk logam paduan tembaga, seperti yang tersedia untuk artefak keramik, batu, dan cangkang, membuat masalah ini tidak terselesaikan.

Dalam penelitian baru, ilmuwan dari Universitas Newcastle, Isabella Caricola dan rekan-rekannya menggunakan metode baru yang revolusioner. Menurut analisis residu organik yang dilakukan pada 10 belati paduan tembaga dari Pragatto, situs domestik Zaman Perunggu (1550 SM–1250 SM) di Italia bagian utara, artefak ini digunakan untuk hal berbeda.

Berdasarkan hasil studi yang telah dipublikasikan di laman Scientific Reports dengan judul "Organic residue analysis reveals the function of bronze age metal daggers" pada 12 April 2022 diketahui para ahli menggunakan analisis SEM-EDX dan pewarnaan biokimia. Metode ini telah terbukti berhasil dalam mengekstraksi dan mengidentifikasi residu hewan yang terletak di ujung tombak termasuk tulang, otot, dan tendon.

Ini ditafsirkan sebagai bukti pemotongan dan ukiran bangkai prasejarah. Lebih lanjut, residu diamati pada permukaan pisau dan pelat atau tang, ditafsirkan sebagai sisa-sisa gagang dan sarung tulang, terbuat dari serat kayu atau kulit dan bulu yang diproses.

Analisis dan eksperimen memberi wawasan baru pada belati logam Zaman Perunggu. Menunjukkan bahwa ini adalah alat yang berfungsi penuh (dan mungkin alat senjata) untuk pemrosesan bangkai hewan. Hasil penelitian orisinal ini memberikan kontribusi pengetahuan yang signifikan terhadap interpretasi artefak logam prasejarah yang kurang dipelajari, tetapi menonjol secara sosial.

 Baca Juga: Belati Tutankhamun Berbahan Logam Meteorit dan Ditempa di Luar Mesir

 Baca Juga: Temuan Pedang Kuno di Finlandia, Berhubungan dengan Kultus Matahari?

 Baca Juga: Seorang Pemburu Harta Karun Menemukan Piramida Pedang Abad Pertengahan

Para penulis juga melakukan eksperimen luas dengan replika belati yang telah dibuat oleh ahli perunggu. Hal ini menunjukkan bahwa belati jenis ini sangat cocok untuk mengolah bangkai hewan. Residu yang diekstraksi dari belati eksperimental cocok dengan yang diamati pada belati arkeologi.