Peneliti Ungkap Sebab Gurita Betina Menghancurkan Diri Habis Bertelur

By Sysilia Tanhati, Selasa, 17 Mei 2022 | 15:00 WIB
Setelah bertelur, gurita pun berhenti makan dan mulai melukai dirinya sendiri. Gurita merobek kulitnya atau bahkan memakan lengannya sendiri. (Pia/Pexels)

Nationalgeographic.co.id—Dunia hewan kaya akan keunikan yang tidak dimiliki oleh manusia. Salah satunya adalah gurita betina yang mati karena menghancurkan diri setelah bertelur.

Sebuah studi baru menemukan beberapa jalur biokimia, termasuk yang menghasilkan prekursor kolesterol, mungkin menjadi kunci perilaku ini.

Setelah gurita betina bertelur, ia melakukan apa yang akan dilakukan oleh setiap induk: dengan hati-hati mengawasi keturunannya. Gurita tinggal bersama telur di sarangnya. Sang Induk melindungi telurnya dari pemangsa dan meniupkan air ke telur agar tetap teroksigenasi, tulis Nicholas Bakalar dilansir dari laman New York Times.

Tapi kemudian perilakunya berubah menjadi aneh. Gurita pun berhenti makan dan mulai melukai dirinya sendiri, merobek kulitnya atau bahkan memakan lengannya sendiri. Gurita betina mati sebelum telur bisa menetas.

Para ilmuwan telah mengetahui bahwa kelenjar optik hewan bertanggung jawab atas perilaku ini. Ketika kelenjar dihilangkan, gurita melanjutkan makan dan hidup berbulan-bulan lebih lama. Tapi bagaimana kelenjar ini memicu kematian mengerikan hewan itu masih menjadi misteri.

Dalam sebuah studi baru yang diterbitkan di Current Biology, para peneliti menggambarkan perubahan pada serangkaian jalur biokimia yang terjadi setelah kawin.

“Ini mungkin bertanggung jawab atas penghancuran diri hewan tersebut. Salah satu dari perubahan ini menyebabkan peningkatan 7-dehydrocholesterol (7-DHC), prekursor kolesterol,” ungkap kata Z. Yan Wang, seorang profesor psikologi dan biologi di University of Washington.

“Kami tahu kolesterol penting dari perspektif makanan dan dalam sistem sinyal yang berbeda di dalam tubuh juga,” tambahnya dalam laporan penelitian. Ini terlibat dalam segala hal mulai dari fleksibilitas membran sel hingga produksi hormon stress. Namun ini menjadi kejutan besar, menemukannya berperan dalam proses siklus hidup.

Para penulis memeriksa kelenjar optik dan lobus optik pada gurita bintik biru betina yang dikawinkan dan tidak, tulis Christa Lesté-Lasserre untuk New Scientist. Dalam makalah mereka, para ilmuwan menggambarkan tiga jalur kimia yang meningkatkan hormon steroid setelah reproduksi. Jalur pertama menghasilkan hormon kehamilan. Dua lainnya menghasilkan zat antara 7-DHC dan asam empedu, yang sebelumnya tidak diketahui terlibat dalam semelparity. Ini adalah strategi reproduksi di mana hewan hanya memiliki satu episode reproduksi sebelum mati.

Baca Juga: Pro Kontra Larangan Gurita, Kepiting, dan Lobster Digoreng Hidup-Hidup

Baca Juga: Penemuan Fosil Hewan Berkaki 10 yang Namanya Mirip Presiden US

Baca Juga: Bagaimana Ilmuwan Tahu Gurita, Kepiting, Lobster Bisa Merasakan Sakit?