Paralitherizinosaurus japonicus, Spesies Baru Dinosaurus dari Jepang

By Ricky Jenihansen, Jumat, 27 Mei 2022 | 08:00 WIB
Rekonstruksi kehidupan Paralitherizinosaurus japonicus.. (Masato Hattori)

Nationalgeographic.co.id—Berdasarkan penemuan fosil baru di Formasi Campanian Osoushinai yang lebih rendah di Kota Nakagawa, Prefektur Hokkaido, Jepang para peneliti telah menemukan spesies dan genus baru dinosaurus pemakan tumbuhan. Spesies baru dinosaurus itu bernama Paralitherizinosaurus japonicus yang hidup di Bumi selama zaman Kapur Atas sekitar 72 juta tahun yang lalu.

Spesies dinosaurus baru yang diidentifikasi tersebut adalah milik keluarga dinosaurus theropoda herbivora kecil hingga besar yang dijuluki Therizinosauridae. Laporan penemuan tersebut telah diterbitkan di jurnal Nature Scientific Reports dengan judul "New therizinosaurid dinosaur from the marine Osoushinai Formation (Upper Cretaceous, Japan) provides insight for function and evolution of therizinosaur claws" belum lama ini.

Pada penggalian ini, para peneliti juga menemukan dua spesies lagi dari wilayah utara dan barat laut Jepang. Alaxasaurus dari Mongolia Dalam dan Suzhousaurus dari Provinsi Gansu. Spesies Tiongkok lainnya yaitu Jianchangosaurus, Beipiaosaurus, dan Lingyuanosaurus. Semua spesies tersebut ditemukan dari Grup Jehil di Provinsi Liaoning Tiongkok, yang terletak di bagian timur negara itu.

Spesimen therizinosaurus yang terfragmentasi. (Nature)

Ahli paleontologi Museum Hokkaido University Yoshitsugu Kobayashi dan rekannya mengatakan, Therizinosaurus telah ditemukan terutama dari endapan Kapur di Mongolia dan Tiongkok. "Semua spesies Kapur Awal, kecuali Falcarius, telah diberi nama dari Tiongkok sejauh ini, dan dua spesies ditemukan dari wilayah utara (Alxasaurus dari Mongolia Dalam) dan barat laut (Suzhousaurus dari Provinsi Gansu)," kata Kobayashi dalam laporan The Independent.

"Spesies Tiongkok lainnya ditemukan dari Grup Jehol di Provinsi Liaoning Tiongkok, yang terletak di bagian timur negara itu. Therizinosaurus Kapur Akhir telah ditemukan dari Gurun Gobi (Mongolia Dalam Tiongkok dan Mongolia selatan) kecuali Nanshiungosaurus (Provinsi Guangdong di Tiongkok tenggara di sepanjang Pasifik)."

Fragmen fosil therizinosaurus diketahui dari Jepang, yang terletak di tepi timur benua Asia selama periode Kapur sebelum pembukaan Laut Jepang selama zaman Miosen. Salah satu spesimen ini, yang dikumpulkan dari Formasi Osoushinai di Kota Nakagawa, Prefektur Hokkaido, sebelumnya diidentifikasi sebagai dinosaurus maniraptoran, kemungkinan therizinosaurus, tetapi status taksonominya tetap belum terselesaikan.

Dalam studi baru, Profesor Kobayashi dan rekan penulis memeriksa ulang spesimen dan mengidentifikasinya sebagai spesies therizinosaurid baru. Mereka menyoroti bahwa fosil seperti itu ditemukan di tepi timur benua Asia selama periode Kapur sebelum pembukaan Laut Jepang yang terjadi pada zaman Miosen yang membentang sekitar 23 juta tahun hingga 5,3 juta tahun yang lalu.

  

Baca Juga: Ditemukan: Kaki Dinosaurus yang Terkoyak Akibat Bencana Asteroid

Baca Juga: Bagaimana Kecoak Bertahan Hidup dari Asteroid Pembunuh Dinosaurus?

Baca Juga: Mamalia Seukuran Kucing ini Hidup Setelah Kepunahan Dinosaurus