Bocah Berusia Enam Tahun Menemukan Gigi Megalodon yang Langka

By Utomo Priyambodo, Sabtu, 28 Mei 2022 | 10:00 WIB
Ilustrasi Otodus megalodon. (RJ Palmer/Antwan Jenkins)

Nationalgeographic.co.id—Sebuah benda langka ditemukan seorang anak laki-laki berusia 6 tahun yang sedang mencari kerang dan fosil di sebuah pantai Inggris bersama ayahnya. Bocah itu menemukan sebuah gigi langka milik megalodon, hiu terbesar yang pernah hidup di bumi.

Nama anak itu adalah Sammy Shelton. Ia menemukan gigi hewan prasejarah itu di Bawdsey Beach di Suffolk di pantai timur Inggris, seperti yang pertama kali dilaporkan oleh Great Yarmouth Mercury. Gigi tersebut berukuran panjang 10 sentimeter, menurut laporan The Mirror.

"Kami tahu apa itu tapi tidak tahu seberapa langka itu," ujar Peter Shelton, ayah bocah itu, seperti diberitakan Great Yarmouth Mercury.

Pantai tempat si bocah menemukan gigi megalodon adalah situs populer bagi para pemburu fosil. Namun para pemburu fosil mengatakan kepada Peter Shelton dan anaknya bahwa gigi megalodon adalah sesuatu yang jarang ditemukan di sana.

Gigi megalodon cukup umum di beberapa tempat, termasuk di lepas Pantai Timur Amerika Utara dan di lepas pantai Maroko. Namun, gigi hewan ini "sangat langka" di Inggris, menurut Natural History Museum di London.

Sammy Shelton dan gigi megalodon temuannya. (Peter Shelton)

Live Science mencatat, megalodon (Otodus megalodon) sempat menguasai lautan di puncak rantai makanan. Predator ini memangsa hewan-hewan besar seperti paus dan lumba-lumba hingga menghilang dari catatan fosil pada akhir zaman Pliosen sekitar 2,6 juta tahun yang lalu.

Para ilmuwan masih memperdebatkan ukuran pasti megalodon. Namun hiu raksasa itu kemungkinan mencapai panjang setidaknya 15 meter hingga 20 meter.

Baca Juga: Ternyata Ini Penyebab Hiu Megalodon Memiliki Tubuh Super Raksasa

Baca Juga: Sedikit Bukti, Kita Tidak Pernah Tahu Bentuk Persis Megalodon

Baca Juga: Paus Raksasa Kemungkinan Menjadi Makanan Megalodon 15 Juta Tahun Lalu

Gigi megalodon terbesar dapat mencapai panjang lebih dari 17,8 sentimeter. Ukuran gigi ini lebih dari dua kali panjang gigi hiu putih besar terbesar (Carcharodon carcharias) yang kini masih hidup, menurut Kentucky Geological Survey di University of Kentucky.