Kota Kuno Kekaisaran Mittani Muncul Kembali di Sungai Tigris di Irak

By Utomo Priyambodo, Kamis, 2 Juni 2022 | 15:00 WIB
Kota kuno Zaman Perunggu di Irak. (Universities of Freiburg and Tübingen, KAO)

Nationalgeographic.co.id—Kekeringan ekstrem telah menyebabkan kota berusia 3.400 tahun muncul kembali dari reservoir di Sungai Tigris di Irak utara. Kini para arkeolog sedang berlomba untuk mengevakuasi sisa-sisa kota kuno itu sebelum air kembali memenuhi sungai tersebut.

Kota Zaman Perunggu yang ada di situs arkeologi yang disebut Kemune itu adalah peninggalan Kekaisaran Mittani. Ini adalah sebuah kerajaan kuno yang memerintah bagian utara Mesopotamia dari sekitar tahun 1500 Sebelum Masehi sampai 1350 Sebelum Masehi.

Para peneliti telah lama mengetahui sisa-sisa kota ini, tetapi mereka hanya dapat menyelidikinya selama musim kemarau. Para arkeolog telah menggali sebagian Kemune pada tahun 2018 dan menemukan sebuah istana yang hilang dengan dinding dan kamar setinggi 7 meter yang didekorasi dengan lukisan mural.

Kali ini, para peneliti berhasil memetakan sebagian besar area kota tersebut. Beberapa bagian yang berhasil mereka temukan adalah kompleks industri dan fasilitas penyimpanan bertingkat yang kemungkinan menyimpan barang-barang dari seluruh wilayah, menurut sebuah pernyataan yang dirilis oleh University of Tübingen di Jerman.

"Hasil penggalian menunjukkan bahwa situs tersebut merupakan pusat penting di Kekaisaran Mittani," kata Hasan Qasim, seorang arkeolog yang bekerja di situs tersebut dan ketua Kurdistan Archaeology Organization, dalam pernyataan tersebut.

Kemune adalah satu-satunya pusat kota yang diketahui dari Kekaisaran Mittani yang terletak langsung di Sungai Tigris. Hal ini menunjukkan penyeberangan yang dikendalikan kota itu di bagian jalur air ini dan mungkin juga merupakan titik penghubung penting bagi kekaisaran, kata Ivana Puljiz, seorang profesor bidang arkeologi Timur Dekat di University of Freiburg di Jerman, yang juga turut terlibat dalam penggalian arkekologi di situs tersebut.

Gempa bumi kemungkinan besar telah menghancurkan sebagian besar kota tersebut pada sekitar tahun 1350 Sebelum Masehi. Namun beberapa reruntuhan kota itu tetap terpelihara di bawah tembok yang runtuh.

Manusia telah membanjiri situs tersebut dengan air selama pembangunan Bendungan Mosul pada tahun 1980-an. Para arkeolog sudah tahu tentang Kemune pada saat itu, tetapi mereka belum menyelidiki situs tersebut, menurut Puljiz.

Pada 2010, para peneliti menemukan kembali Kemune, tetapi mereka tidak dapat menggali situs itu sampai ketinggian air waduk cukup rendah selama kekeringan besar pada 2018. Mereka memiliki kesempatan kedua untuk menganalisis kota pada 2022, karena Irak perlu menggunakan air waduk untuk mencegah tanaman mengering dan gagal panel selama kekeringan parah lainnya.

    

Baca Juga: Kota Kuno Busra asy-Syam, Saksi Kejayaan Tiga Peradaban Besar Dunia

Baca Juga: Melihat Kota Kuno Peninggalan Suku Maya di Dasar Danau Atitlan