Seruan Ilmuwan Tiongkok untuk Hancurkan Satelit Starlink Elon Musk

By Utomo Priyambodo, Jumat, 3 Juni 2022 | 09:00 WIB
Beberapa satelit Starlink di luar angkasa. (Jud McCranie/Wikimedia Commons)

Nationalgeographic.co.id—Para peneliti militer Tiongkok telah menyerukan pengembangan senjata "hard kill" untuk menghancurkan sistem satelit Starlink milik Elon Musk jika mengancam keamanan nasional Tiongkok. Mereka menyoroti "potensi besar aplikasi militer" Starlink dan kebutuhan Tiongkok untuk mengembangkan tindakan pencegahan untuk mengawasi, menonaktifkan, atau bahkan menghancurkan megakonstelasi satelit yang sedang tumbuh tersebut.

Rekomendasi mereka terkait hal ini telah diterbitkan bulan lalu di jurnal Modern Defence Technology milik Tiongkok. Salinan makalah mereka yang telah diterjemahkan tersedia dan bisa dibaca di sini.

Starlink yang menjadi perhatian mereka adalah jaringan internet satelit broadband yang dikembangkan oleh perusahaan SpaceX milik Elon Musk. Tujuannya untuk mengirimkan akses internet ke para pelanggan di mana saja di dunia, selama mereka memiliki parabola Starlink untuk terhubung ke satelit-satelit tersebut. Sejak satelit Starlink pertama diluncurkan pada 2019, SpaceX telah menempatkan lebih dari 2.300 satelit serupa di antaranya ke orbit rendah Bumi. Perusahaan itu berencana untuk mengirim hingga 42.000 satelit lagi ke luar angkasa untuk membentuk megakonstelasi raksasa.

Para peneliti Tiongkok sangat prihatin dengan potensi kemampuan militer konstelasi tersebut, yang mereka klaim dapat digunakan untuk melacak rudal hipersonik. Mereka meyakini satelit-satelit itu secara dramatis bisa meningkatkan kecepatan transmisi data drone AS dan jet tempur siluman, atau bahkan menabrak dan menghancurkan satelit-satelit Tiongkok.

Tiongkok telah beberapa kali nyaris celaka dengan satelit-satelit Starlink. Tahun lalu mereka menulis ke PBB, mengeluhkan bahwa stasiun luar angkasa negara itu terpaksa melakukan manuver darurat untuk menghindari "pertemuan dekat" dengan satelit-satelit Starlink pada Juli dan Oktober 2021.

"Kombinasi metode soft dan hard kill harus diadopsi untuk membuat beberapa satelit Starlink kehilangan fungsinya dan menghancurkan sistem operasi konstelasi tersebut," tulis para peneliti yang dipimpin oleh Ren Yuanzhen, seorang peneliti di Beijing Institute of Tracking and Telecommunications, yang merupakan bagian dari Pasukan Dukungan Strategis (Strategic Support Force) militer Tiongkok.

Baca Juga: Apa yang Sebenarnya Elon Musk Mau Lakukan dengan Membeli Twitter?

Baca Juga: Elon Musk Mau Ubah Starship SpaceX Jadi Teleskop Luar Angkasa Raksasa

Baca Juga: Elon Musk Sebut Cip Otak Buatannya Bisa Mengakhiri Bahasa Manusia Hard kill dan soft kill adalah dua kategori senjata luar angkasa. Hard kill adalah senjata yang secara fisik menyerang target mereka (seperti rudal), sedangkan soft kill termasuk senjata jamming dan laser.

Tiongkok sudah memiliki beberapa metode untuk menonaktifkan satelit. Ini termasuk jammer gelombang mikro yang dapat mengganggu komunikasi atau merusak komponen listrik. Lalu ada laser dan senjata siber untuk meretas jaringan satelit, serta rudal anti-satelit jarak jauh (ASAT) untuk menghancurkan berbagai jenis satelit. Akan tetapi, para peneliti mengatakan bahwa langkah-langkah ini, yang efektif terhadap masing-masing jenis satelit, tidak akan cukup untuk menjegal Starlink.

"Konstelasi Starlink merupakan sistem yang terdesentralisasi. Konfrontasinya bukan tentang satelit individu, tetapi keseluruhan sistem," tulis para peneliti dalam makalah mereka seperti dilansir Live Science. Para peneliti juga menguraikan bagaimana serangan terhadap sistem Starlink akan membutuhkan "beberapa tindakan berbiaya rendah dan efisiensi tinggi."

Salah satu satelit Srtarlink yang sukses diluncurkan Elon Musk. (Steve Jurvetson/Flickr)