Selidik Gua Dengan 1.000 Ukiran Prasejarah dan Permakaman di Spanyol

By Ricky Jenihansen, Senin, 6 Juni 2022 | 07:00 WIB
Cueva de Ardales. (Diputacion malaga)

Nationalgeographic.co.id—Penelitian baru oleh arkeolog dari University of Cadiz, Spanyoldan rekan-rekannya menunjukan bahwa gua di Spanyol selatan yang terkenal digunakan oleh manusia purba selama lebih dari 50.000 tahun. Gua tersebut digunakan sebagai kanvas untuk karya seni dan sebagai tempat pemakaman selama lebih dari 50.000 tahun.

Laporan studi tersebut telah dipublikasikan di jurnal PLOS ONE oleh José Ramos-Muñoz University of Cadiz, Spanyol dan rekan-rekannya. Studi tersebut berjudul "The nature and chronology of human occupation at the Galerías Bajas, from Cueva de Ardales, Malaga, Spain" dan merupakan jurnal akses terbuka.

Untuk diketahui, gua yang bernama Cueva de Ardales itu berada di Malaga, Spanyol. Gua tersebut terkenal karena memiliki lebih dari 1.000 lukisan dan ukiran yang dibuat oleh orang-orang prasejarah, serta artefak dan pemakaman. Namun, sifat penggunaannya oleh manusia dari gua ini belum dipahami dengan baik.

Karena inventaris seni cadas yang kaya ini, Cueva de Ardales mewakili situs Palaeolitik utama di Iberia selatan. Terlepas dari kenyataan bahwa itu ditemukan lebih dari 200 tahun yang lalu, sifat pendudukan manusia dan penggunaan gua selain produksi seni cadas tidak diketahui sampai saat ini, karena tidak ada penggalian sebelumnya yang dilakukan.

Dalam studi ini, para peneliti menyajikan hasil penggalian pertama di gua ini. Mereka menyoroti sejarah budaya manusia di Semenanjung Iberia. Cueva de Ardales adalah situs Palaeolitik yang sangat penting di selatan Semenanjung Iberia karena kekayaan seni cadasnya.

Salah satu sudut Cueva de Ardales. (P.C)

Dari 2011-2018, penggalian dilakukan di gua untuk pertama kalinya oleh tim peneliti Spanyol-Jerman. Penggalian difokuskan pada area pintu masuk gua, di mana kumpulan lukisan merah non-figuratif terbesar di gua ditemukan

"Untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang aktivitas manusia, yang terjadi di dalam gua, kronologi mereka dan hubungan potensial mereka dengan seni cadas, tim Spanyol-Jerman yang dipimpin oleh dua penulis melakukan penggalian di gua antara tahun 2011 dan 2018," tulis peneliti dalam laporannya.

Beradasarkan kombinasi penanggalan radiometri dan analisis sisa-sisa dan artefak di dalam gua memberikan bukti bahwa penghuni pertama situs tersebut kemungkinan adalah Neanderthal lebih dari 65.000 tahun yang lalu. Manusia modern datang kemudian, sekitar 35.000 tahun yang lalu, dan menggunakan gua secara sporadis hingga awal Zaman Tembaga.

Kombinasi gambar yang diperoleh pada 29 Juli 2021 ini menunjukkan pemandangan umum dan close-up dari menara stalagmit sebagian berwarna di gua Spanyol Ardales, Spanyol selatan. (Munoz et al.)

Seni cadas tertua di gua terdiri dari tanda-tanda abstrak seperti titik, ujung jari, dan stensil tangan yang dibuat dengan pigmen merah. Sedangkan karya seni kemudian menggambarkan lukisan figuratif seperti binatang.

Serangkaian bukti penanggalan dari penggalian membuktikan sejarah pendudukan yang panjang, meskipun terputus-putus, mulai dari Paleolitik Tengah hingga Neolitik. Penanggalan lapisan Palaeolitikum Tengah sesuai dengan penanggalan dari beberapa lukisan non-figuratif merah di area pintu masuk. Selain itu, kumpulan besar gumpalan oker ditemukan di lapisan Paleolitik Tengah.