Kecambah Brokoli Perbaiki Keseimbangan Otak Penderita Skizofrenia

By Ricky Jenihansen, Selasa, 7 Juni 2022 | 15:00 WIB
Penderita skizofrenia merasa kerap mendengar bisikan-bisikan. (Cranach/Thinkstock)

Nationalgeographic.co.id—Para peneliti dari Jhon Hopkins Medicine menemukan cara mengubah ketidakseimbangan kimia otak pada penderita skizofrenia. Mereka menggunakan senyawa yang berasal dari kecambah brokoli. Dalam serangkaian penelitian sebelumnya, para peneliti telah mengidentifikasi serangkaian ketidakseimbangan kimia dalam otak penderita skizofrenia.

Temuan tersebut meningkatkan harapan untuk penderita skizofrenia dengan suplemen ekstrak brokoli. Laporan penelitian tersebut telah diterbitkan di Molecular Neuropsychiatry dengan judul "Sulforaphane Augments Glutathione and Influences Brain Metabolites in Human Subjects: A Clinical Pilot Study" yang dapat diakses secara bebas.

Peneliti Akira Sawa, mengatakan hasilnya memajukan harapan bahwa suplementasi dengan ekstrak kecambah brokoli. Sawa adalah profesor dari psikiatri dan ilmu perilaku di Fakultas Kedokteran Johns Hopkins University School of Medicine dan direktur Johns Hopkins Schizophrenia Center.

Menurutnya, ekstrak tersebut mengandung bahan kimia sulforaphane tingkat tinggi, suatu hari nanti dapat memberikan cara untuk menurunkan dosis obat antipsikotik tradisional yang diperlukan untuk mengelola gejala skizofrenia. Sehingga nanti dapat mengurangi efek samping obat yang tidak diinginkan.

Untuk diketahui, sulforaphane ditemukan dalam berbagai jenis sayuran, dan pertama kali diidentifikasi sebagai zat "kemoprotektif" beberapa dekade lalu oleh Paul Talalay dan Jed Fahey di Johns Hopkins. Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), skizofrenia mempengaruhi sekitar 21 juta orang di seluruh dunia.

"Ada kemungkinan bahwa penelitian di masa depan dapat menunjukkan sulforaphane menjadi suplemen yang aman untuk diberikan kepada orang yang berisiko mengembangkan skizofrenia sebagai cara untuk mencegah, menunda atau menumpulkan timbulnya gejala," kata Sawa dalam rilis media.

Seperti diektahui, skizofrenia ditandai oleh halusinasi, delusi dan pemikiran yang kacau, perasaan, perilaku, persepsi dan berbicara. Obat-obatan yang digunakan untuk mengobati skizofrenia tidak bekerja sepenuhnya untuk semua orang.

Putri Sedlak menanam kecambah brokoli. (Thomas Sedlak)

Obat-obat tersebut dapat menyebabkan berbagai efek samping yang tidak diinginkan. Termasuk masalah metabolisme yang meningkatkan risiko kardiovaskular, gerakan tak terkendali, gelisah dan kekakuan.

Pada penelitian sebelumnya, para peneliti menemukan rata-rata 4 persen tingkat signifikan lebih rendah dari bahan kimia glutamat otak di daerah korteks cingulate anterior otak pada orang dengan psikosis dibandingkan dengan orang sehat. Glutamat dikenal karena perannya dalam mengirimkan pesan di antara sel-sel otak.

Glutamat juga telah dikaitkan dengan depresi dan skizofrenia, sehingga temuan ini menambah bukti bahwa kadar glutamat berperan dalam skizofrenia.

Skizofrenia adalah gangguan kejiwaan serius yang dimulai pada akhir masa remaja atau awal masa dewasa. (Freepik)