Evolusi Beruang Kutub Membantu Melacak Perubahan Iklim Masa Lalu

By Wawan Setiawan, Kamis, 9 Juni 2022 | 07:00 WIB
Seekor induk beruang kutub dan anaknya yang berusia 2 tahun di Greenland barat laut. (Øystein Wiig)

Nationalgeographic.co.id—Analisis genom beruang kutub yang baru diurutkan memberikan petunjuk penting tentang evolusi spesies. Temuan ini menunjukkan bahwa perubahan iklim dan pertukaran genetik beruang cokelat membantu menciptakan beruang kutub seperti yang kita kenal saat ini.

Studi internasional, yang dipimpin oleh Pennsylvania State University dan University at Buffalo (UB), menemukan bukti bahwa ukuran populasi beruang kutub berfluktuasi dengan peristiwa iklim utama selama jutaan tahun terakhir, tumbuh selama periode pendinginan dan menyusut di masa yang lebih hangat.

Penelitian juga menunjukkan bahwa sementara beruang kutub berevolusi menjadi spesies yang berbeda sebanyak 4 hingga 5 juta tahun yang lalu. Hewan tersebut mungkin telah kawin silang dengan beruang coklat baru-baru ini.

“Hubungan intim ini mungkin terkait dengan perubahan iklim bumi, dengan mundurnya gletser membawa dua spesies ke dalam kontak yang lebih besar karena jangkauan mereka tumpang tindih,” kata Charlotte Lindqvist, penulis senior studi dan asisten profesor biologi di UB.

"Mungkin kita melihat petunjuk bahwa di masa yang sangat hangat, beruang kutub mengubah gaya hidup mereka dan melakukan kontak, juga kawin silang dengan beruang coklat," kata Stephan Schuster, salah satu penulis utama, seorang profesor biokimia dan biologi molekuler di Penn State, dan seorang ilmuwan peneliti di Nanyang Technological University di Singapura.

Temuan ini dipublikasikan di jurnal Proceedings of the National Academy of Sciences dengan judul Polar and brown bear genomes reveal ancient admixture and demographic footprints of past climate change. Studi ini merupakan analisis paling ekstensif hingga saat ini terhadap DNA beruang kutub, kata para ilmuwan.

Tulang rahang subfosil beruang kutub yang hidup 115.000 hingga 130.000 tahun yang lalu di kepulauan Svalbard, Norwegia. Sebuah studi genomik mencakup analisis DNA yang diekstraksi dari gigi yang menempel pada tulang rahang ini, yang sekarang disimpan di Museum Sejarah Alam di Universitas Oslo. (Karsten Sund, Natural History Museum (NHM), University of Oslo)

Tim peneliti, yang mewakili 13 institusi di AS, Kanada, Eropa dan Asia, serta Laboratorio Nacional de Genomica para la Biodiversidad (Langebio) Meksiko, mengurutkan dan menganalisis inti genom dari 28 beruang berbeda, dengan banyak sampel DNA yang disediakan oleh Survei Geologi AS dan Institut Kutub Norwegia.

“Kami menghasilkan set data tingkat pertama, termasuk cakupan urutan dalam untuk seluruh genom beruang kutub, tiga beruang coklat dan beruang hitam, ditambah cakupan lebih rendah dari 23 beruang kutub tambahan, termasuk individu berusia 120.000 tahun; sangat sedikit spesies vertebrata yang memiliki sumber daya genomik komprehensif seperti itu," kata Schuster.

Dengan menggunakan sejumlah besar data ini, para ilmuwan menemukan bahwa beruang kutub sebenarnya adalah spesies yang lebih tua dari yang diperkirakan sebelumnya. Bahkan, jauh lebih kuno daripada yang disarankan oleh penelitian terbaru yang menempatkan usia spesies pada 600.000 tahun. Analisis itu hanya melihat segmen kecil DNA.

Beruang ini bukan hibrida, tetapi hanya beruang coklat berwarna terang, kata ahli biologi Universitas di Buffalo Charlotte Lindqvist. (Richard Shideler, Division of Wildlife Conservation, Alaska Department of Fish and Game)

"Kami menunjukkan, berdasarkan pertimbangan seluruh urutan DNA, bahwa kesimpulan sebelumnya sepenuhnya menyesatkan," kata rekan penulis studi Webb Miller, seorang profesor biologi juga ilmu komputer dan teknik di Penn State. "Daripada memisahkan beruang kutub dari beruang coklat beberapa ratus ribu tahun yang lalu, kami memperkirakan bahwa perpecahan terjadi 4 hingga 5 juta tahun yang lalu."