Misi DAVINCI NASA: Terjun Melalui Lapisan Atmosfer ke Permukaan Venus

By Wawan Setiawan, Sabtu, 18 Juni 2022 | 07:00 WIB
Ilmuwan dan insinyur NASA memberikan rincian baru tentang misi DAVINCI di permukaan Venus. (NASA)

Nationalgeographic.co.id - Dalam sebuah makalah yang baru-baru ini diterbitkan di The Planetary Science Journal pada 24 Mei dengan judul "Revealing the Mysteries of Venus: The DAVINCI Mission", para ilmuwan dan insinyur NASA memberikan perincian baru tentang misi Deep Atmosphere Venus Investigation of Noble gas, Chemistry, and Imaging (DAVINCI), yang akan turun melalui atmosfer Venus yang berlapis ke permukaan planet pada pertengahan tahun 2031.

DAVINCI adalah misi pertama untuk mempelajari Venus menggunakan pesawat ruang angkasa dan probe. Laboratorium kimia analitik terbang ini, akan mengukur aspek kritis sistem atmosfer-iklim besar Venus untuk pertama kalinya.

Banyak di antaranya telah menjadi tujuan pengukuran Venus sejak awal 1980-an. Ini juga akan memberikan pencitraan pertama dari dataran tinggi pegunungan Venus sambil memetakan komposisi batuan dan relief permukaannya pada skala yang tidak mungkin dari orbit. Misi tersebut mendukung pengukuran gas yang belum ditemukan yang ada dalam jumlah kecil dan atmosfer terdalam, termasuk rasio utama isotop hidrogen—komponen air yang membantu mengungkap sejarah air, baik sebagai lautan air cair atau uap di atmosfer awal.

"Ansambel data pencitraan kimia, lingkungan, dan terbang turun ini akan melukiskan gambaran atmosfer Venus yang berlapis dan bagaimana ia berinteraksi dengan permukaan di pegunungan Alpha Regio, yang dua kali ukuran Texas," kata Jim Garvin, penulis utama dari makalah di Planetary Science Journal dan peneliti utama DAVINCI dari Pusat Penerbangan Luar Angkasa Goddard NASA di Greenbelt, Maryland. "Pengukuran ini akan memungkinkan kami untuk mengevaluasi aspek sejarah atmosfer serta mendeteksi jenis batuan khusus di permukaan seperti granit sambil juga mencari fitur lanskap yang dapat memberi tahu kami tentang erosi atau proses pembentukan lainnya."

DAVINCI akan menggunakan tiga bantuan gravitasi Venus, yang dapat membantu menghemat bahan bakar dengan menggunakan gravitasi planet untuk mengubah kecepatan dan/atau arah sistem penerbangan CRIS (Carrier, relay and imaging spacecraft).

Konsep tentang tahapan penyelidikan DAVINCI di permukaan Venus. (NASA)

Dua bantuan gravitasi pertama akan mengatur CRIS terbang lintas Venus untuk melakukan penginderaan jauh dalam sinar ultraviolet dan inframerah dekat, memperoleh lebih dari 60 gigabit data baru tentang atmosfer dan permukaan Venus. Bantuan gravitasi Venus ketiga akan mengatur pesawat ruang angkasa untuk melepaskan probe untuk masuk, turun, penyelidikan sains, dan pendaratan, ditambah transmisi lanjutan ke Bumi.

Terbang lintas pertama Venus akan memakan waktu enam setengah bulan setelah peluncuran dan akan memakan waktu dua tahun untuk menempatkan probe ke dalam posisi untuk masuk ke atmosfer di atas Alpha Regio di bawah pencahayaan yang ideal pada "siang hari", dengan tujuan mengukur lanskap Venus pada skala mulai dari 100 meter hingga lebih halus dari satu meter. Skala tersebut memungkinkan studi geologi gaya pendarat di pegunungan Venus tanpa memerlukan pendaratan.

 Baca Juga: Teori Baru Pembentukan Planet, Bumi Terbentuk dari Tabrak Lari

 Baca Juga: Atmosfer Venus Mustahil untuk Menopang Kehidupan, Studi Baru

 Baca Juga: Misi NASA ke Planet Venus Berikutnya Setelah 30 Tahun Terakhir

Setelah sistem CRIS berjarak sekitar dua hari dari Venus, sistem penerbangan probe akan dilepaskan bersama dengan probe titanium berdiameter satu meter yang terbungkus dengan aman di dalamnya. Probe akan mulai berinteraksi dengan atmosfer bagian atas Venus sekitar 120 kilometer di atas permukaan. Penyelidikan sains akan dimulai dengan melakukan pengamatan sains setelah membuang pelindung panasnya sekitar 67 kilometer di atas permukaan. Dengan pelepasan tersebut, lubang masuk probe akan menelan sampel gas atmosfer untuk pengukuran kimia terperinci dari jenis yang telah dilakukan di Mars dengan rover Curiosity. Turun selama satu jam ke permukaan, probe juga akan memperoleh ratusan gambar segera setelah muncul di bawah awan di sekitar 30.500 meter di atas permukaan lokal.