Siapa Bangsa Hyksos yang Menyerang Mesir Kuno dan Membangun Dinasti?

By Afkar Aristoteles Mukhaer, Senin, 13 Juni 2022 | 16:00 WIB
Lukisan di dinding yang menggambarkan orang asing di Mesir berpakaian warna-warni. Mereka adalah bangsa Hyksos yang menguasai Mesir satu abad lamanya. (Wikimedia Commons)

Nationalgeographic.co.id—Sejarah umum menyebutkan bahwa Mesir kuno pada sekitar 1638 SM ditaklukkan oleh kelompok misterius. Kelompok ini menjadi dinasti asing pertama yang menguasai Mesir sampai tahun 1530 SM. Akan tetapi, petunjuk tentangnya peninggalan masa mereka sangat minim ditemukan oleh para arkeolog.

Kelompok misterius itu adalah bangsa Hyksos. Sebuah penelitian di tahun 15 Juli 2020 di PLOS ONE, mengungkap bahwa bangsa ini berasal dari Levant (daerah yang mencakup Suriah, Lebanon, dan Israel). Makalah itu mengungkap berdasarkan analisis kimia kerangka di ibu kota Mesir masa dinasti Hyksos, Avaris di delta Sungai Nil.

Kisah invasi orang Hyksos ke Mesir tercatat dalam buku Yunani kuno Aegyptiaca (Sejarah Mesir) yang dibuat oleh Manetho dari awal abad ketiga SM. Manetho bercerita, Hyksos bergerak setelah berakhirnya Kerajaan Tengah Mesir runtuh sekitar 1650 SM. Ketika Mesir sedang kacau, para pemimpin Hyksos memimpin pasukan menyerang "meyapu dari timur laut dan mendekati Delta Nil timur laut."

Hieroglif pun menguraikan kisah itu tetapi kurang detail. Akibatnya, catatan tentang dinasti ini bias dan tidak lengkap. Para penguasa Mesir di masa setelah Hyksos biasanya menghancurkan catatan atau membuat propaganda tentang apa yang terjadi di masa lalu.

Namun, makalah terbaru itu mengungkap bahwa pemindahan kekuasaan itu bukan disebabkan serangan dari luar negeri yang memusuhi Mesir. Kemungkinan besar, dinasti ini muncul akibat pemberontakan imigran yang sudah ada di Mesir jauh sebelumnya.

Ada beberapa kerangka di Avaris yang usianya 350 tahun sebelum Hyksos berkuasa. Makalah itu menemukan bahwa 24 dari kerangka pra-Hyksos, lahirnya di luar negeri, sehingga dapat disimpulkan ada proses imigrasi yang signifikan di masa lalu sebelum invasi.

"Ini jelas kota internasional," kata penulis utama studi Chris Stantis, arkeolog di Bournemouth University, Inggris di Science News. "Orang Hyksos di Mesir tampaknya adalah kelompok elit yang memperoleh kekuasaan dari dalam."

Ciri pemakaman mereka jelas merupakan penguburan di luar budaya Mesir. Laki-laki dikuburkan dengan senjata terbuat dari perunggu dan makamnya dibangun tanpa jimat pelindung. Dan yang paling elit punya sejenis kuda atau keledai yang dikubur di luar makam.

Analisis kimia itu mengungkap bahwa banyak orang asing yang dimakamkan di Avaris adalah perempuan. Stantis dan tim menduga, penguasa yang asli di kota ini kawin dengan wanita Asia Barat Daya. Gigi-gigi pada kerangka bervariasi tingkat strontiumnya, menunjukkan bahwa orang berimigrasi ke Avaris dari berbagai tempat. 

Mereka berpendapat, jika orang Hyksos muncul di Mesir sebagai penjajah sebagaimana cerita hieroglif dan Yunani, seharusnya gelombang pertama semuanya laki-laki. Laki-laki dinilai sebagai kalangan petarung dalam masyarakat kuno. Akan tetapi, di sini ada 30 perempuan dan 20 laki-laki. Temuan ini menunjukkan bahwa perempuan adalah garda terdepan migrasi Hyksos ke Mesir.

"Beberapa penelitian sebelumnya berbicara tentang laki-laki yang pindah ke Mesir: pembuat kapal, pedagang, tentara bayaran. Konsep imigran perempuan, sebagai keluarga atau mungkin sendirian, belum benar-benar dibahas," ujar Stantis di Live Science.

"Kita perlu lihat lebih dalam siapa wanita-wanita ini dan mengapa mereka pindah, tetapi fakta bahwa ada lebih banyak wanita daripada pria mengubah banyak interpretasi."