Minum Kopi Setiap Hari Dapat Menurunkan Risiko Cedera Ginjal Akut

By Ricky Jenihansen, Selasa, 14 Juni 2022 | 10:00 WIB
Kopi diketahui dapat mengurangi risiko cedera ginjal akut (AKI) (iStock)

Nationalgeographic.co.id—Kopi telah menjadi minuman yang paling banyak dikonsumsi setelah air putih. Kopi juga diketahui dapat memberi sejumlah manfaat kesehatan berdasarkan sejumlah penelitian dan yang terbaru, kopi juga diketahui dapat mengurangi risiko cedera ginjal akut (AKI) jika dibandingkan dengan mereka yang tidak minum kopi.

Jadi ada banyak alasan bagi Anda untuk memulai hari dengan minum secangkir kopi. Mengonsumsi setidaknya satu cangkir kopi berdampak positif untuk ginjal.

Laporan penelitian tersebut telah diterbitkan di jurnal akses terbuka Kidney International Reports. Jurnal tersebut dapat diakses secara daring dengan judul "Coffee Consumption May Mitigate the Risk for Acute Kidney Injury: Results From the Atherosclerosis Risk in Communities Study."

Penelitian dari ilmuwan Johns Hopkins Medicine ini menunjukkan bahwa mereka yang minum kopi dalam jumlah berapa pun setiap hari memiliki risiko AKI 15 persen lebih rendah. Pengurangan terbesar diamati pada kelompok yang minum dua hingga tiga cangkir sehari dengan risiko sekiar 22 persen hingga 23 persen lebih rendah.

Penulis studi Chirag Parikh mengatakan, bahwa kita sudah tahu bahwa minum kopi secara teratur telah dikaitkan dengan pencegahan penyakit kronis dan degeneratif termasuk diabetes tipe 2, penyakit kardiovaskular dan penyakit hati.

"Kami sekarang dapat menambahkan kemungkinan pengurangan risiko AKI ke daftar manfaat kesehatan dari kafein yang terus bertambah," kata Parikh dalam rilis media.

AKI, seperti yang dijelaskan oleh National Kidney Foundation, adalah ketika tiba-tiba gagal ginjal atau kerusakan ginjal yang terjadi dalam beberapa jam atau beberapa hari. Hal ini menyebabkan produk limbah menumpuk di dalam darah, sehingga sulit bagi ginjal untuk menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh.

Gejala AKI berbeda tergantung pada penyebabnya dan mungkin termasuk, terlalu sedikit urin yang keluar dari tubuh, pembengkakan di kaki dan pergelangan kaki dan di sekitar mata. Kemudian kelelahan, sesak napas, kebingungan, mual, sakit dada dan dalam kasus yang parah, kejang atau koma. Gangguan ini paling sering terlihat pada pasien rawat inap yang ginjalnya dipengaruhi oleh stres dan komplikasi medis dan bedah.

ada banyak alasan bagi Anda untuk memulai hari dengan minum secangkir kopi. (Getty Images/iStockphoto)

Para peneliti menggunakan data dari Studi Risiko Aterosklerosis dalam Komunitas. Sebuah survei berkelanjutan tentang penyakit kardiovaskular di empat komunitas AS, para peneliti menilai 14.207 orang dewasa yang direkrut antara tahun 1987 dan 1989 dengan usia rata-rata 54 tahun.

Peserta disurvei tujuh kali selama periode 24 tahun untuk mengetahui jumlah cangkir kopi yang mereka konsumsi per hari. Nol, satu, dua hingga tiga, atau lebih dari tiga. Selama periode survei, tercatat 1.694 kasus cedera ginjal akut.

Ketika memperhitungkan karakteristik demografis, status sosial ekonomi, pengaruh gaya hidup dan faktor makanan, ada risiko AKI 15 persen lebih rendah untuk peserta yang mengonsumsi kopi dalam jumlah berapa pun dibandingkan mereka yang tidak.