Bulan Terus Mengerut, Menyusut dan Retak Seperti Kulit Kismis

By Ricky Jenihansen, Kamis, 16 Juni 2022 | 17:00 WIB
Bulan terus mendingin dan menyusut secara bertahap. Gempa yang menyebabkan patahan itu mungkin menghasilkan kerak dan permukaan bulan menyusut, mengerut dan retak seperti kulit kismis. (Paul Hayne)

Nationalgeographic.co.id—Data gabungan dari misi Badan Antariksa Amerika Serikat, NASA Apollo dan Lunar Reconnaissance Orbiter menunjukan ternyata Bulan secara aktif menyusut. Satelit Bumi ini menghasilkan gempa di sepanjang ribuan tebing patahan atau sesar yang tersebar di permukaannya. Patahan tersebut kemungkinan menyebabkan kerak dan permukaan Bulan menyusut, mengerut dan retak seperti kulit kismis.

Menurut ahli NASA, Bulan mengerut seperti kismis ketika bagian dalamnya mendingin. Sama seperti buah anggur yang mengerut saat menyusut menjadi kismis, Bulan juga berkerut saat menyusut.

Tidak seperti kulit fleksibel pada buah anggur, kerak permukaan Bulan rapuh. Akibatnya saat Bulan menyusut, permukaanya pecah membentuk "thrust faults" di mana satu bagian kerak didorong ke atas bagian yang berdekatan dan menjadi patahan.

Lereng patahan ini menyerupai tebing kecil berbentuk anak tangga jika dilihat dari permukaan Bulan. Biasanya setinggi puluhan meter dan memanjang beberapa kilometer.

Astronaut Eugene Cernan dan Harrison Schmitt harus zig-zag saat menjelajahi permukaan Bulan. Mereka ke atas dan melewati permukaan tebing lereng sesar selama misi Apollo 17 yang mendarat di lembah Taurus-Littrow pada 1972.

Menurut analisis, hal itulah yang membuat Bulan menyusut, menjadi lebih dari sekitar 150 kaki (50 meter) lebih kecil selama beberapa ratus juta tahun terakhir. Laporan analisis tersebut telah diterbitkan di jurnal Nature Geoscience dengan judul "Shallow seismic activity and young thrust faults on the Moon" dan dapat diakses secara daring.

Thomas Watters, penulis utama mengatakan, analisis mereka adalah yang pertama memberikan bukti pertama bahwa patahan di Bulan masih aktif. Watters adalah ilmuwan senior di Center for Earth and Planetary Studies at the Smithsonian's National Air and Space Museum in Washington.

"Analisis kami memberikan bukti pertama bahwa patahan ini masih aktif dan kemungkinan menghasilkan gempa Bulan hari ini karena Bulan terus mendingin dan menyusut secara bertahap," kata Watters, dalam rilis NASA.

"Beberapa dari gempa ini bisa cukup kuat, sekitar lima skala Richter."

Tim peneliti kemudian merancang algoritma baru untuk menganalisis kembali data seismik dari instrumen yang didapati oleh misi Apollo NASA di tahun 1960-an dan 70-an. Analisis mereka menyediakan data lokasi pusat gempa yang lebih akurat untuk 28 gempa di Bulan yang direkam dari tahun 1969 hingga 1977.

Watters dan rekan peneliti selanjutnya menganalisis data dari empat seismometer yang ditempatkan di Bulan oleh astronot Apollo menggunakan algoritma, atau program matematika. Alat tersebut dikembangkan untuk menentukan lokasi gempa yang terdeteksi oleh jaringan seismik yang jarang.

Tebing seperti anak tangga terbentuk di bulan karena aktivitas tektonik. (NASA)