Astronom Menemukan Sistem Multiplanet Terdekat di Galaksi Kita

By Wawan Setiawan, Minggu, 19 Juni 2022 | 09:00 WIB
Sistem multiplanet baru telah ditemukan astronom di dalam lingkungan Galaksi kita. (Pooja Kashyap / Techie Tonics)

Nationalgeographic.co.id - Para astronom di MIT dan di tempat lain telah menemukan sistem multiplanet baru dalam lingkungan galaksi kita yang hanya terletak 10 parsec, atau sekitar 33 tahun cahaya dari Bumi, menjadikannya salah satu sistem multiplanet terdekat yang diketahui hingga kini.

Di jantung sistem terletak satu bintang M-Dwarf kecil dan keren, bernama HD 260655, dan para astronom telah menemukan bahwa ia menampung setidaknya dua planet terestrial, seukuran Bumi. Dunia berbatu tersebut kemungkinan tidak dapat dihuni, karena orbitnya relatif ketat, memaparkan planet-planet pada suhu yang terlalu tinggi untuk menopang air permukaan cair.

Namun demikian, para ilmuwan bersemangat tentang sistem ini karena kedekatan dan kecerahan bintangnya akan memberi mereka pandangan lebih dekat pada sifat-sifat planet dan tanda-tanda atmosfer apa pun yang mungkin mereka miliki.

"Kedua planet dalam sistem ini masing-masing dipertimbangkan di antara target terbaik untuk studi atmosfer karena kecerahan bintang mereka," kata Michelle Kunimoto, postdoc di MIT's Kavli Institute for Astrophysics and Space Research dan salah satu ilmuwan utama Discovery. "Apakah ada atmosfer kaya volatile di sekitar planet-planet ini? Dan apakah ada tanda-tanda air atau spesies berbasis karbon? Planet-planet ini adalah uji dasar yang fantastis untuk eksplorasi tersebut," imbuhnya.

Sistem planet baru ini, akan dipublikasikan dalam jurnal Earth and Planetary Astrophysics yang mana hasil kajiannya dapat Anda baca di database arXiv yang telah diperbarui pada 13 Juni dengan judul "The HD 260655 system: Two rocky worlds transiting a bright M dwarf at 10 pc".

Dari ukuran dan massa mereka, tim memperkirakan kepadatan masing-masing planet. Planet bagian dalam, yang lebih kecil sedikit lebih padat dari bumi, sedangkan planet luar, yang lebih besar sedikit lebih padat. (MIT News, with TESS Satellite figure courtesy of NASA)

Sistem ini awalnya diidentifikasi oleh satelit Survei Exoplanet Transiting NASA (Tess), misi yang dipimpin MIT yang dirancang untuk mengamati bintang-bintang terdekat dan paling terang, dan mendeteksi penurunan periodik dalam cahaya yang dapat menandakan planet yang lewat.

Pada Oktober 2021, Kunimoto, anggota tim Tess Science MIT, sedang memantau data yang masuk satelit ketika dia melihat sepasang penurunan berkala di Starlight, atau transit, dari Bintang HD 260655.

Dia lalu menjalankan deteksi melalui pipa inspeksi sains misi, dan sinyal segera diklasifikasikan sebagai dua objek menarik, atau tois—objek yang ditandai sebagai planet potensial. Sinyal yang sama juga ditemukan secara independen oleh Pusat Operasi Pemrosesan Sains (SPOC), pipa pencarian Planet Tess resmi yang berbasis di NASA Ames. Para ilmuwan biasanya berencana untuk menindaklanjuti dengan teleskop lain untuk mengonfirmasi bahwa benda-benda itu memang sebuah planet.

Proses mengklasifikasikan dan kemudian mengonfirmasi planet baru sering kali memakan waktu beberapa tahun. Untuk HD 260655, proses itu dipersingkat secara signifikan dengan bantuan data arsip.

Segera setelah Kunimoto mengidentifikasi dua planet potensial di sekitar HD 260655, Shporer melihat apakah bintang itu diamati sebelumnya oleh teleskop lainnya. Seperti keberuntungan, HD 260655 terdaftar dalam survei bintang yang diambil oleh spektrometer Echelle Resolution (HIRES), sebuah instrumen yang beroperasi sebagai bagian dari Keck Observatory di Hawaii. Hires telah memantau bintang, bersama dengan sejumlah bintang lain sejak 1998, dan para peneliti dapat mengakses data survei yang tersedia untuk umum.

 Baca Juga: LIFE, Teknologi Canggih yang Kelak Mengungkap Lebih Banyak Ekstrasurya