Di Luar Dugaan, Hiu Ternyata Sering Kali Mendekati Garis Pantai

By Ricky Jenihansen, Senin, 20 Juni 2022 | 08:00 WIB
Hiu martil besar berenang di dekat manusia. (JMAC / JASON MCINTOSH)

Nationalgeographic.co.id—Dalam sebuah studi baru yang dipimpin oleh para ilmuwan di University of Miami (UM) Rosenstiel School of Marine and Atmospheric Science menunjukan bahwa hiu sering kali mendekati garis pantai. Temuan ini jelas di luar dugaan karena sebelumnya diperkirakan bahwa hiu menghindari daerah yang dekat dengan kota.

Laporan temuan tersebut telah dipublikasikan di Marine Ecology Progress Series dengan judul "Urban sharks: residency patterns of marine top predators in relation to a coastal metropolis" belum lama ini.

"Memahami dan akhirnya memprediksi bagaimana organisme laut akan merespon urbanisasi adalah inti dari konservasi dan pengelolaan satwa liar yang efektif di Antroposen," tulis para peneliti dalam laporannya.

"Hiu adalah predator tingkat trofik atas di hampir semua lingkungan laut, tetapi apakah dan bagaimana perilaku mereka dipengaruhi oleh urbanisasi pesisir masih belum dipelajari."

Seperti diketahui, garis pantai dunia mengalami urbanisasi dengan cepat. Tapi bagaimana peningkatan kehadiran manusia ini dapat berdampak pada spesies yang hidup di lautan tidak sepenuhnya dipahami.

Pada studi baru ini, para peneliti melacak pergerakan tiga spesies hiu, banteng, perawat, dan hiu martil, dalam kaitannya dengan kota Miami. Mengingat polusi kimia, cahaya, dan suara yang berasal dari kota metropolitan pesisir.

"Di sini, kami memeriksa penggunaan ruang dan pola tempat tinggal dari 14 hiu martil besar Sphyrna mokarran, 13 hiu banteng Carcharhinus leucas, dan 25 hiu Ginglymostoma cirratum di dekat kota metropolis pesisir Miami, Florida, menggunakan telemetri akustik pasif," tulis para peneliti.

Para peneliti melepaskan hiu yang ditandai secara akustik ke perairan Miami, Florida. (Robbie Roemer.)

Para peneliti memperkirakan hiu akan menghindari daerah yang dekat dengan kota, tetapi ternyata bukan itu yang mereka temukan. Sebaliknya hiu ternyata justru sering kali mendekati garis pantai dan perkotaan.

Beberapa hewan, seperti merpati dan rakun, tumbuh subur di kota. Spesies ini, yang dikenal sebagai "pengeksploitasi perkotaan", sering kali menjadi tergantung pada sampah manusia untuk makanan. Hewan lain, yang dikenal sebagai "adaptor perkotaan," mungkin menunjukkan beberapa memanfaatkan daerah perkotaan, tetapi sebagian besar masih bergantung pada daerah alami.

Di sisi lain, beberapa spesies seperti predator darat seperti serigala sangat sensitif terhadap gangguan manusia. Para "penghindar perkotaan" ini menghindari kota-kota besar.

"Beberapa penelitian telah menyelidiki pergerakan predator laut dalam kaitannya dengan urbanisasi, tetapi karena penelitian lain menunjukkan bahwa predator darat adalah penghindar perkotaan, kami memperkirakan hiu juga," kata Neil Hammerschlag dalam rilis media. Ia adalah direktur Program Penelitian dan Konservasi Hiu UM dan penulis utama studi.