Arkeolog Menemukan Galangan Kapal Zaman Viking yang Unik di Birka

By Ricky Jenihansen, Selasa, 21 Juni 2022 | 10:00 WIB
Replica of a Viking age ship at Birka. (Sven Issakson)

Nationalgeographic.co.id—Para arkeolog dari Stockholm University telah menemukan situs galangan kapal Zaman Viking yang unik di Birka di Björko di Danau Mälaren. Penemuan ini menambah wawasan tentang teori-teori sebelumnya tentang bagaimana sistem kegiatan maritim Zaman Viking.

"Situs seperti ini belum pernah ditemukan sebelumnya, ini adalah yang pertama dari jenisnya, tetapi temuan secara meyakinkan menunjukkan bahwa itu adalah galangan kapal," kata pemimpin penelitian, Sven Isaksson dalam rilis media.

Isaksson adalah Profesor Ilmu Arkeologi di Stockholm University. Ia memimpin penyelidikan bersama dengan Sven Kalmring, profesor di Stockholm University dan pakar pelabuhan dan urbanisasi di Zaman Viking di Zentrum für Baltische und Skandinavische Archäologie di Schleswig.

Laporan penelitian tersebut telah diterbitkan di jurnal pre print Stockholm University dengan judul "En vikingatida varvsplats vid Kugghamn, Birka: Arkeologiska undersökningar av L2022:2719, Birka, Björkö,Adelsö socken, Uppland, augusti 2020 och 2021."

Situs yang ditemukan terdiri dari cekungan berlapis batu di zona pantai Zaman Viking dengan slip perahu kayu di bagian bawah. Temuan di situs terdiri dari sejumlah besar paku keling kapal yang tidak terpakai dan bekas, batu asah yang terbuat dari batu tulis dan alat pertukangan kayu.

"Penemuan artefak dari daerah tersebut menunjukkan dengan sangat jelas bahwa di sinilah orang telah memperbaiki kapal mereka", kata Sven Isaksson.

Situs yang ditemukan terdiri dari depresi garis batu di zona pantai zaman viking dengan slip perahu kayu di bagian bawah. (Stockholm University)

Investigasi sebelumnya telah mengamati beberapa sisa-sisa sebelumnya, tetapi melalui temuan terbaru memungkinkan untuk mengambil pandangan yang komprehensif.

"Melalui survei sistematis, pemetaan, dan investigasi drone, kami sekarang dapat menunjukkan bahwa Birka, selain lingkungan perkotaan, juga memiliki lanskap budaya maritim yang sangat kaya dengan sisa-sisa segala sesuatu mulai dari dermaga hingga peluncuran kapal dan galangan kapal", kata Sven Isaksson.

Kapal dan pelayaran adalah ciri khas Zaman Viking di negara-negara Nordik, baik untuk peperangan maupun untuk perdagangan. Salah satu ekspresi perdagangan jarak jauh Zaman Viking adalah pos perdagangan seperti kota yang bermunculan di negara-negara Nordik pada saat itu.

Di Swedia, contoh yang paling terpelihara adalah situs Warisan Dunia UNESCO Birka di Björkö di Danau Mälaren."Ini bukan hanya tentang lingkungan perkotaan pertama, tetapi menunjukkan pertukaran intensif barang dagangan dan ide antar manusia", kata Sven Kalmring.

Benteng kota di sekitar Birka tidak hanya berfungsi sebagai pertahanan, tetapi juga sebagai batas hukum, ekonomi, dan sosial. Investigasi sebelumnya terhadap fasilitas pelabuhan di Birka sebagian besar telah dilakukan di dalam benteng kota, di area yang dikenal sebagai area pelabuhan Black Earth, dan di bawah apa yang disebut Garnisun.