Serakus Itukah Megalodon? Bahkan Semua Predator Menjadi Santapannya

By Wawan Setiawan, Sabtu, 25 Juni 2022 | 07:00 WIB
Hiu megatooth (genus Otodus) menjadi lebih besar dari waktu ke waktu. Di bagian bawah adalah nenek moyang mereka Cretalamna, yang hidup sekitar 50 juta tahun yang lalu dan ukurannya sebanding dengan hiu putih besar modern. Dari bawah: Cretalamna (panjang 3,5 meter), O. obliquus (8 m), O. auriculatus (9,5 m), O. angustidens (11,5 m), O. chubutensis (13,5 m), O. megalodon (15 m). (Christina Spence Morgan)

Nationalgeographic.co.id - Penelitian baru Princeton menunjukkan bahwa hiu megatooth prasejarah atau hiu terbesar yang pernah hidup, adalah predator puncak pada tingkat tertinggi yang pernah diukur.

Hiu megatooth mendapatkan namanya dari gigi besar mereka, yang masing-masing bisa lebih besar dari tangan manusia. Kelompok ini termasuk Megalodon, hiu terbesar yang pernah hidup, serta beberapa spesies terkait lainnya.

Sementara hiu dari satu jenis atau lainnya telah ada sejak lama sebelum dinosaurus selama lebih dari 400 juta tahun. Hiu megatooth ini berevolusi setelah dinosaurus punah dan menguasai lautan hingga hanya 3 juta tahun yang lalu.

"Kami terbiasa memikirkan spesies terbesar seperti paus biru, hiu paus, bahkan gajah dan diplodocuses sebagai filter feeder atau herbivora, bukan predator," kata Emma Kast, lulusan geosains yang merupakan penulis pertama pada studi baru yang diterbitkan di jurnal Science Advances pada 22 Juni 2022 berjudul "Cenozoic megatooth sharks occupied extremely high trophic positions". "Tapi Megalodon dan hiu megatooth lainnya benar-benar karnivora besar yang memakan predator lain, dan Meg punah hanya beberapa juta tahun yang lalu," imbuhnya.

Penasihatnya Danny Sigman, Profesor Ilmu Geologi dan Geofisika Dusenbury di Princeton, menambahkan, "Jika Megalodon ada di laut modern, maka itu akan benar-benar mengubah interaksi manusia dengan lingkungan laut."

Harry Maisch dari Florida Gulf Coast University, yang tangannya memegang gigi Megalodon ini, mengumpulkan banyak sampel yang digunakan dalam analisis ini dan merupakan rekan penulis di makalah baru ini. (Harry Maisch)

Sebuah tim peneliti Princeton kini telah menemukan bukti yang jelas bahwa Megalodon dan beberapa nenek moyangnya berada di anak tangga paling tinggi dari rantai makanan prasejarah, yang oleh para ilmuwan disebut sebagai "tingkat trofik" tertinggi. Memang, tanda trofik mereka sangat tinggi sehingga mereka pasti telah memakan predator lain dan predator-of-predator dalam jaring makanan yang rumit, kata para peneliti.

"Jaring makanan laut cenderung lebih panjang daripada rantai makanan rumput-rusa-serigala hewan darat, karena Anda mulai dengan organisme kecil seperti itu," kata Kast, sekarang di Universitas Cambridge, yang menulis iterasi pertama penelitian ini sebagai satu bab dalam disertasinya. "Untuk mencapai tingkat trofik yang kami ukur pada hiu bergigi besar ini, kami tidak hanya perlu menambahkan satu tingkat trofik—satu predator puncak di puncak rantai makanan laut—bahkan kami perlu menambahkan beberapa di atas jaring makanan laut ini."

Megalodon telah diperkirakan secara konservatif panjangnya 15 meter, sementara hiu putih besar modern biasanya mencapai sekitar 5 meter. Bisa Anda bayangkan sendiri seberapa besarnya Megalodon.

Untuk mencapai kesimpulan mereka tentang jaring makanan laut prasejarah, Kast, Sigman, dan rekan mereka menggunakan teknik baru untuk mengukur isotop nitrogen di gigi hiu. Para ahli ekologi telah lama mengetahui bahwa semakin banyak nitrogen-15 yang dimiliki suatu organisme, semakin tinggi tingkat trofiknya, tetapi para ilmuwan belum pernah sebelumnya mampu mengukur sejumlah kecil nitrogen yang diawetkan dalam lapisan email gigi pemangsa yang telah punah ini.

 Baca Juga: Bocah Berusia Enam Tahun Menemukan Gigi Megalodon yang Langka

 Baca Juga: Sedikit Bukti, Kita Tidak Pernah Tahu Bentuk Persis Megalodon