Ikan Air Tawar Terbesar di Dunia Ditemukan Nelayan di Sungai Mekong

By Utomo Priyambodo, Sabtu, 25 Juni 2022 | 11:00 WIB
Ikan air tawar terbesar di dunia ditemukan di Sungai Mekong. (Sinsamout Ounboundisane / FISHBIO)

Nationalgeographic.co.idIkan air tawar terbesar di dunia yang pernah tercatat ditemukan oleh nelayan di Sungai Mekong. Ikan pari raksasa seukuran grand piano itu berhasil ditangkap oleh nelayan, tapi kemudian dilepaskan kembali ke sungai di timur laut Kamboja tersebut.

Setelah mendapat pemberitahuan dari nelayan setempat pada malam sebelumnya, tim ilmuwan dari proyek penelitian Wonders of the Mekong segera membantu menangkap, menandai, dan mengukur ikan pari tersebut sebelum melepaskannya kembali ke sungai pada 14 Juni 2022, menurut FISHBIO yang para ilmuwannya juga berada di tempat kejadian.

Ikan pari air tawar raksasa betina itu (Urogymnus polylepis) ditemukan memiliki berat 300 kilogram. Lebar dan panjangnya adalah 2,2 meter kali 4 meter dari moncong hingga sengatnya.

Penimbangan ini membuktikan bahwa dia adalah ikan air tawar terbesar yang pernah tercatat. Ukurannya mengalahkan rekor sebelumnya yang dipegang oleh ikan lele raksasa Mekong (Pangasianodon gigas) yang ditangkap pada tahun 2005 dengan berat 293 kilogram.

Tag atau alat penanda kecil telah dimasukkan di dasar ekor pari dengan sayatan bedah kecil. Alat ini akan dengan lembut memancarkan kembali sinyal akustik ke 36 retriever di sepanjang Mekong dan sungai-sungai terdekat lainnya yang akan dapat melacak pergerakan dan migrasi hewan tersebut.

Spesies ikan pari air tawar dapat ditemukan bersembunyi di banyak sungai besar dan muara di Asia Tenggara dan Kalimantan. Meski sengatannya ditutupi lendir beracun yang dapat menembus tulang, ikan ini umumnya dianggap sebagai raksasa yang lembut dan jarang menyerang manusia tanpa alasan.

Seperti banyak ikan raksasa di Asia Tenggara, ikan pari air tawar raksasa sedang dalam masalah. Di dalam Daftar Merah Spesies Terancam IUCN, spesies ini dianggap terancam punah setelah menjadi semakin terancam oleh polusi, perubahan iklim, perkembangan manusia, dan penangkapan ikan yang berlebihan.

Baca Juga: Ikan Mas yang Dibuang ke Danau Tumbuh Raksasa dan Jadi Malapetaka

Baca Juga: Ilmuwan Jelaskan Kenapa Ikan Mas di Minnesota Bisa Tumbuh Raksasa

Baca Juga: Memiliki Kulit Kasar dan Keras, Ikan Raksasa yang Terdampar Ini Dikira Potongan Kayu

Banyak spesies ikan Mekong melakukan migrasi panjang sebagai bagian dari siklus hidup mereka untuk mengakses dataran banjir yang berbeda, kolam dalam, dan hutan banjir. Itulah sebabnya alat penanda yang baru-baru ini dipasang pada ikan raksasa ini sangat penting.

Sedikit yang diketahui tentang di mana dan kapan spesies tertentu, termasuk spesies ikan ini, memulai perjalanan migrasinya. Para peneliti hendak mencari tahu terkait hal ini sehingga mereka dapat belajar bagaimana melindungi lingkungan ini dan, pada gilirannya, para penghuninya.