Teknologi Baru Dapat Memperbaiki dan Meregenerasi Sel-sel Otot Jantung

By Ricky Jenihansen, Rabu, 29 Juni 2022 | 12:00 WIB
Temuan terobosan oleh peneliti UH berpotensi menjadi strategi klinis yang kuat untuk mengobati penyakit jantung. (University of Houston)

Nationalgeographic.co.id—Para peneliti di University of Houston melaporkan teknologi pertama dari jenisnya yang tidak hanya memperbaiki sel-sel otot jantung pada tikus tetapi juga meregenerasinya setelah serangan jantung atau yang dikenal secara medis dengan infark miokard. Temuan ini berpotensi menjadi 'strategi klinis yang kuat' untuk mengobati penyakit jantung.

Laporan penelitian tersebut telah diterbitkan dalam Journal of Cardiovascular Aging dengan judul "Mutant SRF and YAP synthetic modified mRNAs drive cardiomyocyte nuclear replication" yang merupakan jurnal akses terbuka.

Menurut para peneliti, temuan inovatif ini berpotensi menjadi strategi klinis yang kuat untuk mengobati penyakit jantung pada manusia di masa akan datang. Para peneliti yang terlibat di antaranya, Robert Schwartz, Hugh Roy and Lillie Cranz Cullen yang merupakan Profesor Biologi UH College of Natural Sciences and Mathematics.

Teknologi baru yang dikembangkan oleh tim peneliti menggunakan asam ribonukleat utusan sintetis (mRNA) untuk memberikan faktor transkripsi bermutasi protein yang mengontrol konversi DNA menjadi RNA ke hati tikus. MRNA Sintetis Berkontribusi pada Pertumbuhan Seperti Sel Induk.

"Tidak ada yang mampu melakukan ini sejauh ini dan kami pikir itu bisa menjadi pengobatan yang mungkin untuk manusia," kata Schwartz, yang memimpin penelitian dalam rilis resminya.

Para peneliti menunjukkan bahwa dua faktor transkripsi bermutasi, yaitu Stemin dan YAP5SA, bekerja bersama-sama untuk meningkatkan replikasi kardiomiosit, atau sel otot jantung, yang diisolasi dari jantung tikus. Eksperimen ini dilakukan secara in vitro pada cawan kultur jaringan.

"Apa yang kami coba lakukan adalah mendediferensiasikan kardiomiosit menjadi keadaan yang lebih mirip sel induk sehingga mereka dapat beregenerasi dan berkembang biak," kata Siyu Xiao, lulusan Ph.D baru-baru ini.

Laboratorium menemukan miosit jantung berlipat ganda dengan cepat dalam sehari. (BioMed)

Stemin mengaktifkan sifat seperti sel punca dari kardiomiosit. Peran penting Stemin dalam eksperimen mereka ditemukan oleh Dinakar Iyer, asisten peneliti profesor biologi dan biokimia. Ia mengatakan, faktor transkripsi adalah "pengubah permainan." Sementara itu, YAP5SA bekerja dengan mendorong pertumbuhan organ yang menyebabkan miosit (serabut otot jantung) bereplikasi lebih banyak lagi.

Dalam temuan terpisah yang diterbitkan dalam jurnal yang sama, tim akan melaporkan bahwa Stemin dan YAP5SA memperbaiki jantung tikus yang rusak secara in vivo. Khususnya, inti miosit bereplikasi setidaknya 15 kali lipat dalam 24 jam setelah injeksi jantung yang mengirimkan faktor transkripsi tersebut.

Bradley McConnell, profesor farmakologi, dan mahasiswa pascasarjana Emilio Lucero di UH College of Pharmacy, berkolaborasi dalam penelitian ini dengan memproduksi model tikus dewasa yang mengalami infark.

"Ketika kedua faktor transkripsi disuntikkan ke jantung tikus dewasa yang mengalami infark, hasilnya menakjubkan," kata Schwartz.