Lansia Berisiko Tinggi Hipertensi Jika Tidur dengan Lampu Menyala

By Ricky Jenihansen, Rabu, 29 Juni 2022 | 14:00 WIB
Tidur dengan lampu menyala berisiko tinggi bagi lansia. (Getty Images)

Nationalgeographic.co.id—Telah diketahui bahwa tidur dengan lampu menyala berdampak negatif bagi kesehatan. Kini, studi dunia nyata pada kelompok lansia usia 63 hingga 84 tahun, menemukan risiko yang lebih tinggi untuk obesitas, tekanan darah tinggi dan diabetes.

Para peneliti menemukan, paparan cahaya dalam jumlah berapa pun dan bentuk apa pun saat tidur di malam hari secara signifikan lebih mungkin berisiko tinggi pada lansia dibandingkan dengan orang lansia yang tidak terpapar cahaya apa pun.

Laporan studi ini telah diterbitkan di jurnal SLEEP dengan judul "Light at night in older age is associated with obesity, diabetes, and hypertension" baru-baru ini.

Penelitian dari ilmuwan di Northwestern Medicine ini menunjukkan prevalensi paparan cahaya apa pun di malam hari yang dikaitkan dengan obesitas yang lebih tinggi, tekanan darah tinggi (dikenal sebagai hipertensi) dan diabetes di antara orang dewasa yang lebih tua.

"Apakah itu dari smartphone seseorang, membiarkan TV menyala semalaman atau polusi cahaya di kota besar, kita hidup di antara sejumlah besar sumber cahaya buatan yang tersedia 24 jam sehari," kata penulis koresponden studi Minjee Kim, asisten profesor neurologi di Northwestern University Feinberg School of Medicine and a Northwestern Medicine physician.

"Orang dewasa yang lebih tua sudah berisiko lebih tinggi untuk diabetes dan penyakit kardiovaskular, jadi kami ingin melihat apakah ada perbedaan frekuensi penyakit ini terkait dengan paparan cahaya di malam hari."

Peneliti studi terkejut menemukan bahwa kurang dari setengah dari 552 peserta studi secara konsisten memiliki periode kegelapan total selama lima jam per hari. Peserta lainnya terpapar cahaya bahkan selama periode lima jam tergelap mereka dalam sehari, yang biasanya di tengah tidur mereka di malam hari.

Karena ini adalah studi cross-sectional, peneliti tidak tahu apakah obesitas, diabetes, dan hipertensi menyebabkan orang tidur dengan lampu menyala, atau jika lampu berkontribusi pada perkembangan kondisi ini. Individu dengan kondisi ini mungkin lebih cenderung menggunakan kamar mandi di tengah malam (dengan lampu menyala) atau mungkin memiliki alasan lain untuk tetap menyalakan lampu.

Seseorang dengan kaki mati rasa karena diabetes mungkin ingin menyalakan lampu malam untuk mengurangi risiko jatuh. "Penting bagi orang untuk menghindari atau meminimalkan jumlah paparan cahaya saat tidur," kata rekan penulis studi senior Phyllis Zee, chief of sleep medicine at Feinberg dan dokter di Northwestern Medicine.

Zee dan rekan sedang mempertimbangkan studi intervensi untuk menguji apakah pemulihan siklus terang-gelap alami meningkatkan hasil kesehatan seperti kognisi.

Zee menawarkan tips untuk mengurangi cahaya saat tidur:

Jangan menyalakan lampu. Jika Anda perlu menyalakan lampu (yang mungkin diinginkan orang dewasa yang lebih tua untuk keselamatan), buatlah lampu redup yang lebih dekat ke lantai.Warna itu penting. Cahaya kuning atau merah/oranye kurang merangsang otak. Jangan gunakan cahaya putih atau biru dan jauhkan dari orang yang sedang tidur.Nuansa gelap atau masker mata bagus jika Anda tidak dapat mengontrol cahaya luar ruangan. Pindahkan tempat tidur Anda agar cahaya luar tidak menyinari wajah Anda.