Melacak Nenek Moyang Anjing dalam Dua Populasi Serigala Purba

By Ricky Jenihansen, Senin, 4 Juli 2022 | 09:00 WIB
Ilustrasi nenek moyang anjing. (Pixabay)

Nationalgeographic.co.id—Sekelompok ahli genetika dan arkeolog internasional, yang dipimpin oleh Francis Crick Institute, telah menemukan jejak nenek moyang anjing. Menurut mereka, nenek moyang anjing dapat dilacak ke setidaknya dua populasi serigala purba. Temuan ini telah membawa kita lebih dekat untuk mengungkap misteri di mana anjing awalnya didomestikasi atau dijinakkan. Ini adalah pertanyaan terbesar yang belum terjawab dalam sejarah manusia.

Laporan penelitian ini telah dipublikasikan di jurnal Nature dengan judul "Grey wolf genomic history reveals a dual ancestry of dogs" Belum lama ini. Publikasi tersebut merupakan jurnal daring akses terbuka.

Untuk diketahui, anjing diketahui berasal dari serigala abu-abu, dengan domestikasi ini terjadi selama Zaman Es, setidaknya 15.000 tahun yang lalu. Tapi di mana ini terjadi, dan apakah itu terjadi di satu lokasi atau di banyak tempat, masih belum diketahui.

Penelitian sebelumnya yang menggunakan catatan arkeologi dan membandingkan DNA anjing dan serigala modern belum menemukan jawabannya.

Dalam studi mereka, para peneliti beralih ke genom serigala purba untuk pemahaman lebih lanjut tentang di mana anjing pertama berevolusi dari serigala. Mereka menganalisis 72 genom serigala purba, yang mencakup 100.000 tahun terakhir, dari Eropa, Siberia, dan Amerika Utara.

Sisa-sisa itu berasal dari serigala purba yang sebelumnya digali, dengan para arkeolog dari 38 institusi di 16 negara berbeda berkontribusi dalam penelitian ini. Sisa-sisa itu termasuk kepala yang utuh dan terawetkan dengan sempurna dari serigala Siberia yang hidup 32.000 tahun yang lalu.

Tengkorak serigala berusia 32.000 tahun dari Yakutia. (Love Dalén)

Sembilan laboratorium DNA purba yang berbeda kemudian berkolaborasi dalam menghasilkan data urutan DNA dari serigala. Dengan menganalisis genom, para peneliti menemukan bahwa anjing awal dan modern secara genetik lebih mirip dengan serigala purba di Asia daripada di Eropa, menunjukkan domestikasi awalnya terjadi di suatu tempat di timur.

Namun, mereka juga menemukan bukti bahwa dua populasi serigala yang terpisah menyumbangkan DNA pada anjing. Anjing purba dari Eropa timur laut, Siberia, dan Amerika tampaknya memiliki satu asal yang sama dari sumber timur.

Tetapi anjing-anjing awal dari Timur Tengah, Afrika, dan Eropa selatan tampaknya memiliki keturunan dari sumber lain yang terkait dengan serigala di Timur Tengah, selain dari sumber timur.

Satu penjelasan yang mungkin untuk nenek moyang ganda ini adalah bahwa serigala menjalani domestikasi lebih dari sekali, dengan populasi yang berbeda kemudian bercampur menjadi satu.

Kemungkinan lain adalah bahwa domestikasi hanya terjadi sekali, dan bahwa nenek moyang ganda adalah karena anjing-anjing awal ini kemudian bercampur dengan serigala liar. Yang jelas, saat ini tidak mungkin untuk menentukan yang mana dari dua skenario ini yang terjadi.