Penemuan Koloni Nenek Moyang Merpati Karang Liar yang Langka

By Ricky Jenihansen, Selasa, 5 Juli 2022 | 16:00 WIB
Ilmuwan menemukan koloni merpati liar yang langka di pulau-pulau Skotlandia dan Irlandia. (Oxford University)

Nationalgeographic.co.id—Para peneliti yang dipimpin oleh anggota Departemen Biologi Oxford University mengumumkan telah menemukan koloni langka dari nenek moyang merpati karang atau merpati batu liar domestik yang langka. Merpati yang sekarang telah punah di banya belahan dunia itu ternyata masih hidup di pulau-pulau di Skotlandia dan Irlandia.

Laporan lengkap dengan judul "Limited domestic introgression in a final refuge of the wild pigeon" tersedia di iScience. Publikasi tersebut merupakan jurnal akses terbuka yang bisa didapatkan secara daring.

Merpati tersebut, di banyak belahan dunia diketahui sudah punah, termasuk di Inggris dan Wales. D

Merpati 'liar' berasal dari burung domestik yang melarikan diri dan dapat dilihat di kota-kota besar dan kecil di seluruh dunia. Merpati domestik ini adalah keturunan dari Merpati Batu liar, yang bersarang di gua-gua laut dan daerah pegunungan.

Terlepas dari keberhasilan merpati liar, jangkauan merpati batu liar telah menurun secara global. Padahal sebarannya pernah mencakup wilayah yang luas di Afrika, Asia, dan Eropa.

Mahasiswa doktoral di Oxford University dan penulis utama Will Smith mengatakan, bahwa mempelajari penurunan merpati batu telah menjadi tantangan bagi para peneliti karena perkawinan silang yang luas dan penggantian dengan merpati liar. Merpati batu sekarang hanya bertahan dalam populasi kecil dan sisa-sisa di mana merpati liar belum dapat berkoloni.

Faktanya, karena perkawinan silang antara merpati liar dan Merpati batu, dan hasil hibridanya, banyak ahli ornitologi percaya bahwa tidak ada lagi Merpati batu yang benar-benar liar. Namun, ada koloni potensial di tempat-tempat tertentu, termasuk di Eropa, Kepulauan Faroe, sebagian Mediterania dan sebagian Skotlandia dan Irlandia.

Merpati batu sekarang hanya bertahan dalam populasi kecil. (Will Smith)

Para peneliti mempelajari populasi burung yang dianggap sebagai merpati batu di Skotlandia dan Irlandia dengan menganalisis DNA untuk menentukan apakah burung itu benar-benar 'liar'. Pengujian itu juga untuk memperkirakan seberapa besar pengaruh genetik dari merpati liar yang dialami oleh populasi liar yang berbeda.

Melalui kombinasi ekspedisi dan kolaborasi dengan British Trust for Ornithology bird ringer, tim peneliti menangkap baik merpati liar maupun burung merpati yang diduga merpati batu di tempat-tempat seperti North Uist (Uibhist a Tuath) di Outer Hebrides, Orkney, dan Cape Clear Island.

Tim mengambil sampel bulu dari burung untuk analisis DNA. Dengan mengurutkan DNA merpati, mereka dapat menunjukkan perbedaan antara merpati liar dan merpati batu, dan juga mengukur tingkat kawin silang antara dua bentuk spesies.

Hasilnya menegaskan bahwa merpati batu dari Skotlandia dan Irlandia berasal dari garis keturunan yang tidak dijinakkan dari mana semua merpati liar dan domestik berasal, dengan berbagai tingkat kawin silang. Merpati batu di Orkney telah mengalami kawin silang ekstensif dengan merpati liar dan berisiko mengalami hibridisasi hingga kepunahannya sebagai garis keturunan yang berbeda.