Keajaiban Dunia Botani: Bunga Teratai Raksasa Tumbuh di Kew Gardens

By Wawan Setiawan, Minggu, 10 Juli 2022 | 13:00 WIB
Ahli hortikultura botani Carlos Magdalena (kiri) dan seniman botani juga ilustrator Lucy Smith (kanan) memegang sehelai daun Victoria boliviana yang baru dinamai di Konservatori Princess of Wales di Royal Botanic Gardens, Kew di London, Inggris. (RBG Kew)

Sebuah makalah baru, yang diterbitkan di jurnal Frontiers in Plant Science pada 4 Juli 2022 berjudul "Revised Species Delimitation in the Giant Water Lily Genus Victoria (Nymphaeaceae) Confirms a New Species and Has Implications for Its Conservation", menguraikan penemuan botani baru. Temuan dalam genus Victoria, genus teratai raksasa terkenal yang diberi nama Ratu Victoria Inggris pada tahun 1852.

Sampai sekarang, hanya ada dua spesies teratai raksasa yang diketahui. Spesies baru ini menjadikannya sebagai yang ketiga. Spesimen spesies baru diberi nama Victoria boliviana, telah berada di Herbarium Kew selama 177 tahun dan di Herbarium Nasional Bolivia selama 34 tahun. Selama waktu ini, awalnya diyakini sebagai Victoria amazonica.

Namun, setelah bertahun-tahun penyelidikan mulai terungkap identitas jelasnya. Sebuah tim yang dipimpin oleh ahli hortikultura dan botani Kew Carlos Magdalena, seniman botani lepas Kew Lucy Smith, dan peneliti genomik Natalia Przelomska, bersama mitra dari National Herbarium of Bolivia, Santa Cruz de La Sierra Botanic Garden dan La Rinconada Gardens, akhirnya dapat mengukuhkannya sebagai spesies ilmiah baru. Hal ini berkat penggunaan data baru dan perpaduan keahlian mereka yang unik.

Nama spesies baru tersebut terinspirasi untuk menghormati mitra Bolivia dan rumah teratai Amerika Selatan di mana ia tumbuh di ekosistem perairan Llanos de Moxos.

Penulis makalah menamai spesies teratai raksasa untuk menghormati mitra Bolivia mereka dan rumah Amerika Selatan, di mana ia tumbuh di ekosistem perairan Llanos de Moxos. (Carlos Magdalena)

Dengan bunga yang berubah dari putih menjadi merah muda dan memiliki tangkai daun berduri, V. boliviana kini menjadi teratai terbesar di dunia. Bunga ini memiliki daun tumbuh selebar 3 meter. Rekor saat ini untuk spesies terbesar dipegang oleh La Rinconada Gardens di Bolivia di mana daunnya mencapai 3,2 meter.

"Memiliki data baru ini untuk Victoria dan mengidentifikasi spesies baru dalam genus adalah pencapaian luar biasa dalam botani—mengidentifikasi dan mendokumentasikan keanekaragaman tanaman dengan benar sangat penting untuk melindunginya dan mengambil manfaat darinya secara berkelanjutan. Makalah ini menjadi sangat istimewa untuk dikerjakan karena menyatukan keahlian dari berbagai bidang yang berbeda—hortikultura, sains, dan seni botani. Juga telah melibatkan kerja sama erat dengan mitra Bolivia kami. Victoria memiliki tempat khusus dalam sejarah Kew, telah menjadi salah satu alasan Kew diselamatkan dari penutupan pada tahun 1830. Untuk memainkan peran dalam meningkatkan pengetahuan tentang tanaman megah dan ikonik ini telah menambahkan resonansi untuk Mitra Kew," tutur Alex Monro, Pemimpin Riset di tim Amerika di RBG Kew dan penulis senior makalah ini.

 Baca Juga: Spesies Baru Tumbuhan Karnivora Bawah Tanah Ditemukan di Kalimantan 

 Baca Juga: Simbol Teratai: Dari Mesir, Berkembang Tiongkok, dan Nusantara

 Baca Juga: Ahli Botani Indonesia Budidayakan Rafflesia di Luar Habitat Aslinya

Spesies dalam genus Victoria telah dicirikan dengan buruk selama beberapa dekade. Kesenjangan pengetahuan ini berasal dari tidak adanya 'spesimen tipe' (spesimen tanaman asli yang digunakan untuk menggambarkan spesies secara formal) dalam koleksi tanaman global. Hal ini terutama terjadi karena teratai raksasa sangat sulit dikumpulkan di alam liar.

Pada tahun 1832, V. amazonica adalah spesies pertama yang diberi nama dalam genus. Akan tetapi data masih kurang untuk memungkinkan perbandingan terhadap spesies baru yang ditemukan sejak itu. Ini juga menjadi faktor yang menyebabkan kesalahan identifikasi asli teratai baru ini.