Studi Genetik Singkap Wawasan Baru Pelaut Paling Awal di Dunia

By Wawan Setiawan, Selasa, 12 Juli 2022 | 07:31 WIB
Nur Al Marege, kapal padewakang ini direkonstruksi dengan desain yang digunakan pelaut-pelaut Makassar pada ratusan tahun silam. Kapal ini memulai pelayaran pada 8 Desember 2019 dan sampai tujuan di pesisir utara Australia pada 28 Januari 2020. (Yusuf Wahil)

Nationalgeographic.co.id—Penelitian genetik baru dari pulau-pulau terpencil di Pasifik menawarkan wawasan baru tentang leluhur dan budaya pelaut paling awal di dunia. Termasuk di antaranya struktur keluarga, kebiasaan sosial, dan populasi leluhur orang-orang yang tinggal di sana saat ini.

Hasil studi tersebut diterbitkan dalam jurnal Science pada 30 Juni dengan judul Ancient DNA reveals five streams of migration into Micronesia and matrilocality in early Pacific seafarers.

Menurut studi tersebut mengungkapkan lima migrasi yang sebelumnya tidak terdokumentasi ke dalam subkawasan area ini. Juga menunjukkan bahwa sekitar 2.500 hingga 3.500 tahun yang lalu, penghuni awal pulau-pulau Pasifik—termasuk Guam di wilayah utara dan Vanuatu di barat daya—memiliki struktur penduduk matrilokal. Dalam struktur ini, perempuan hampir selalu tinggal di komunitas mereka setelah menikah, sementara laki-laki lebih sering pindah dari komunitas ibu mereka untuk tinggal dengan komunitas istri mereka.

Praktek ini berbeda dengan masyarakat patrilokal di mana perempuan membanjiri orang-orang untuk meninggalkan komunitas mereka sendiri. Temuan ini mendukung gagasan bahwa pelaut paling awal di dunia diatur melalui garis keturunan perempuan.

Hasilnya berasal dari analisis luas genom pada 164 individu purba dari 2.800 hingga 300 tahun yang lalu serta 112 individu modern. Itu diterbitkan oleh tim peneliti yang dipimpin bersama oleh ahli genetika Harvard David Reich dan Yue-Chen Liu, Ron Pinhasi di Universitas Wina, dan Rosalind Hunter-Anderson, seorang peneliti independen yang bekerja di Albuqueque New Mexico.

"Ini adalah hadiah tak terduga untuk dapat belajar tentang pola budaya dari data genetik," kata David Reich, seorang profesor di Departemen Biologi Evolusi Manusia dan seorang profesor genetika di Harvard Medical School. “Saat ini, komunitas tradisional di Pasifik memiliki struktur populasi patrilokal dan matrilokal dan ada perdebatan tentang praktik umum apa yang ada dalam populasi leluhur. Hasil ini menunjukkan bahwa pada pelaut paling awal, matrilokalitas adalah aturannya.”

Peta rute migrasi. (David Reich, Yue-Chen Liu, dan Rosalind Hunter-Anderson)

Analisis genetik membandingkan pelaut awal dari Guam, Vanuatu, dan Tonga, yang hidup sekitar 2.500 hingga 3.000 tahun yang lalu. Hasil analisis mengungkap bahwa urutan DNA mitokondria mereka, yang hanya diwarisi manusia dari ibu kandungnya, hampir sepenuhnya berbeda dan berbagi lebih banyak sisanya dari DNA mereka. Satu-satunya cara ini bisa terjadi adalah jika para migran yang meninggalkan komunitas mereka untuk menikah dengan komunitas baru hampir selalu laki-laki.

"Perempuan tentu saja pindah ke pulau-pulau baru, tetapi ketika mereka melakukannya, mereka adalah bagian dari gerakan bersama baik perempuan dan laki-laki" jelas Reich. "Pola meninggalkan komunitas ini pasti hampir unik bagi pria untuk menjelaskan mengapa diferensiasi genetik jauh lebih tinggi dalam DNA mitokondria daripada di genom lainnya."

Studi baru dari tim ahli genetika dan arkeolog interdisipliner melipatgandakan tubuh data DNA kuno dari wilayah Pasifik yang luas yang disebut Remote Oceania. Itu merupakan tempat terakhir yang dapat dihuni di bumi. Ini juga memberikan wawasan yang mengejutkan tentang penduduk yang luar biasa kompleks di salah satu subkawasan utama Oseania Terpencil.

Manusia tiba dan menyebar melalui Australia, Nugini, Kepulauan Bismarck, dan Kepulauan Solomon mulai 50.000 tahun yang lalu. Namun baru setelah 3.500 tahun yang lalu, manusia mulai hidup di Oseania Terpencil untuk pertama kalinya. Itu tepat setelah mereka mengembangkan teknologi untuk menyeberang perairan terbuka dengan sampan jarak jauh yang unik.

"Migrasi yang kami dokumentasikan dengan DNA kuno ini adalah peristiwa penting yang membentuk sejarah unik kawasan ini," kata Liu, rekan pasca-doktoral di lab Reich dan penulis utama studi. "Beberapa temuan sangat mengejutkan."