Ludus Latrunculorum, Permainan Papan Zaman Romawi Berusia 1.700 Tahun

By Ricky Jenihansen, Rabu, 13 Juli 2022 | 17:00 WIB
Para arkeolog saat melakukan penggalian, salah satu temuannya adalah permainan papan zaman Romawi berusia 1700 tahun. (Bergen University Museum)

Nationalgeographic.co.id—Perkenalkan ludus latrunculorum, adalah salah satupermainan papan yang dimainkan oleh orang Romawi kuno sekitar 1.700 tahun yang lalu. Set papan permainan tersebut ditemukan para arkeolog saat menggali di situs gundukan kuburan di Norwegia.

Dari penggalian tersebut, para arkeolog menemukan set permainan tersebut terbagi dalam 19 bagian. Termasuk dadu memanjang yang lebih mirip alat tulis daripada kubus kecil.

Boar game 'Permainan perampok' ini dianggap mirip dengan catur, draft atau backgammon. Papan permainan ini mengadu pemain satu sama lain dalam tantangan taktik militer.

Situs Ytre Fosse di Norwegia barat, tempat ditemukannya set papan permainan ini berasal dari Zaman Besi awal, sekitar 300 M. Situs ini berada tepat di jalur laut penting yang dikenal sebagai 'Nordvegen' atau 'jalan utara'.

Ini luar biasa mengasyikkan. Penemuan seperti itu belum pernah dilakukan berkali-kali sebelumnya di Norwegia atau Skandinavia. Hal khusus di sini adalah bahwa kami telah menemukan hampir seluruh set dan tidak terkecuali dadu, kata Morten Ramstad dari Bergen University Museum di Norwegia mengatakan kepada penyiar publik Norwegia NRK.

Beberapa ahli berpikir bahwa dulunya tempat itu sangat penting, mungkin Norwegia benar-benar mengambil namanya dari itu. Sangat jarang bagi para arkeolog untuk menemukan potongan besar seperti ini di Skandinavia.

Sebanyak 19 potongan permainan dan potongan dadu ditemukan. Hal ini membuat penemuan ini sangat mengejutkan. (Bergen University Museum)

Tapi sayangnya bagaimana papan permainan ini dimainkan masih belum jelas. Tetapi lokasi penemuan dapat menjelaskan tentang permainan ini. Permainan ini bisa saja cara bagi para pedagang untuk bersosialisasi atau menghabiskan waktu di masa lalu.

Menurut para arkeolog, gundukan pemakaman tempat potongan-potongan papan permainan itu ditemukan kemungkinan besar milik seseorang dengan status penting. Benda-benda lain yang digali, termasuk tembikar, tulang, jarum perunggu, dan kaca yang terbakar -mendukung gagasan ini.

Plot itu sendiri terdiri dari bagian tengah tanah yang terbakar yang dikelilingi oleh bebatuan. "Ini adalah objek status yang bersaksi untuk kontak dengan Kekaisaran Romawi, di mana mereka suka bersenang-senang dengan permainan papan," kata Morten Ramstad.

Ludus Latrunculorum, permainan yang berusia hampir dua ribu tahun. (Bergen University Museum)

"Orang-orang yang memainkan game seperti ini adalah bangsawan lokal atau kelas atas. Game tersebut menunjukkan bahwa Anda memiliki waktu, keuntungan, dan kemampuan untuk berpikir secara strategis."