Selidik Tumpukan Koin Emas Romawi Kuno di Lahan Pertanian di Inggris

By Ricky Jenihansen, Jumat, 15 Juli 2022 | 15:00 WIB
Tumpukan koin emas Romawi Kuno yang ditemukan terkubur di lahan pertanian di Inggris. (British Museum)

Nationalgeographic.co.id—Tumpukan koin emas Romawi Kuno yang ditemukan terkubur di lahan pertanian di Inggris telah menarik perhatian para ahli koin. Mereka menghubungkan harta karun tersebut ke Kekaisaran Romawi.

Hingga saat ini, para detektor logam telah menemukan 11 koin di hamparan terpencil ladang yang telah digarap. Ladang tersebut terletak di Norfolk, sebuah daerah pedesaan dekat pantai timur Inggris, dan para ahli tetap berharap bahwa lebih banyak yang bisa digali di masa depan.

Sepasang pendeteksi logam, Damon dan Denise Pye menemukan koin emas pertama kali di lokasi tersebut pada tahun 2017. Temuan tersebut setelah petani lokal selesai membajak tanah pada akhir musim panen. Saat itu adalah waktu yang tepat menjadikan lahan tersebut untuk dieksplorasi.

Hasil temuan tersebut dijuluki "The Broads Hoard" oleh ahli numismatik lokal, spesialis dan kolektor koin. Dijuluki demikian karena lokasi geografisnya dekat The Broads, jaringan sungai dan danau yang mengalir melalui pedesaan Inggris.

Adrian Marsden, seorang ahli numismatik di Norfolk yang mengkhususkan diri dalam koin Romawi kuno mengatakan, Koin-koin itu ditemukan berserakan di tanah yang dibajak.

"(Tanah tersebut) telah diaduk dari tahun ke tahun, menyebabkan tanah terus-menerus dibalik dan akhirnya muncul ke permukaan," kata Marsden kepada Live Science.

"Tahun pertama, mereka menemukan empat koin, dan tahun berikutnya satu lagi, dan kemudian mereka menemukan beberapa lagi tahun setelah itu."

Mereka mengatakan, lanjutnya, bahwa mereka pikir mereka menemukan yang terakhir, dan saya selalu mengatakan, "Saya tidak yakin. Mereka perlahan-lahan muncul ke permukaan. Saya pikir masih ada lagi."

Marsden mengidentifikasi usia koin emas yang "luar biasa" itu, diperkirakan berasal antara abad pertama Sebelum Masehi dan abad pertama Masehi.

Menariknya, semua koin dicetak sebelum penaklukan Romawi. Ketika Inggris diduduki oleh pasukan Romawi mulai tahun 43 M setelah invasi yang diluncurkan oleh kaisar keempat Roma, Claudius.

Bagian depan dan belakang enam dari 11 koin emas dari Kekaisaran Romawi ditemukan di pedesaan Inggris. (Adrian Marsden)

Yang menimbulkan pertanyaan adalah, bagaimana koin-koin itu berakhir di ladang bertahun-tahun sebelum kedatangan pasukan Romawi?.