Fosil Salamander Eropa Tertua Ditemukan di Isle of Skye, Skotlandia

By Ricky Jenihansen, Senin, 18 Juli 2022 | 07:11 WIB
Fosil yang ditemukan diyakini sebagai fosil salamander tertua di Eropa (University College London)

Nationalgeographic.co.id—Tim peneliti dari University College London telah menganalisis fosil berumur 166 juta tahun dari jenis hewan yang disebut Marmorerpeton. Fosil yang ditemukan di batuan Jurassic Tengah di Isle of Skye, Skotlandia ini diyakini sebagai fosil salamander Eropa tertua.

Para peneliti menemukan, fosil ini memiliki beberapa ciri utama salamander, tetapi bukan bagian dari kelompok salamander modern. Deskripsi lengkap analisisi ini dilaporkan dalam Prosiding National Academy of Sciences (PNAS) dengan judul "Middle Jurassic fossils document an early stage in salamander evolution."

Seperti diketahui, salamander adalah kelompok amfibi penting yang mencakup lebih dari 760 spesies hidup. Makhluk-makhluk ini merupakan komponen penting dari ekosistem darat dan air tawar.

Mereka beragam secara ekologis dan perkembangan, termasuk penggali, pemanjat, penghuni gua dan perenang neotenik. Dan spesies ini menunjukkan variasi besar dalam sejarah hidup dan tingkat pengasuhan induknya.

Untuk diketahui, marmorerpeton pertama kali dideskripsikan lebih dari 30 tahun yang lalu. Tapi hanya beberapa fosil tulang belakang terisolasi dan tulang rahang parsial yang ditemukan, membuatnya agak membingungkan.

Spesimen baru dari Skotlandia ini menambahkan banyak data baru, dan juga mewakili spesies baru. Spesimen ini dinamai Marmorerpeton wakei, dinamai mendiang Profesor David Wake, seorang pakar evolusi salamander terkemuka di Amerika.

Penulis utama Marc Jones, dari UCL Cell dan Developmental Biology mengatakan bahwa fosil itu pasti salamander tetapi tidak seperti apa pun yang hidup hari ini. "Ini menyoroti pentingnya catatan fosil untuk melestarikan kombinasi fitur anatomi yang tidak ada pada hewan hidup mana pun," kata Jones.

Salamander, yang termasuk kadal air, adalah jenis amfibi. Tidak seperti katak, mereka memiliki ekor dan lebih bervariasi dalam ukuran dan bentuk.

Ada lebih dari 700 spesies yang ditemukan di belahan bumi utara di berbagai habitat air tawar dan hutan. Mereka terkenal karena kemampuan mereka untuk menumbuhkan kembali anggota badan dan organ.

Fosil salamander di Skotlandia yang baru ini memiliki kepala lebar seperti katak yang dangkal tetapi rahang yang kuat dan tonjolan yang menonjol di belakang matanya. Tulang atap tengkorak menunjukkan ornamen seperti buaya, yang membedakannya dari salamander modern.

Tulang tungkai dan ekor dalam dari Marmorerpeton wakei menunjukkan bahwa salamander ini hidup di air. Ia mungkin menggunakan rahangnya yang lebar untuk menangkap mangsa dengan menghisap makanan.

Reconstruction of cranium and lower jaw of Marmorerpeton wakei. Image credit: Jones et al., doi: 10.1073/pnas.2114100119. (University College London)