Imuwan Mengembangkan Sarung Tangan yang Terinspirasi dari Gurita

By Ricky Jenihansen, Minggu, 17 Juli 2022 | 10:00 WIB
Sarung tangan yang terinspirasi dari gurita. (Virginia Tech)

Nationalgeographic.co.id—Tim ilmuwan yang dipimpin oleh Virginia Tech telah merancang sebuah sarung tangan yang meniru lengan gurita. Sarung tangan yang terinspirasi dari gurita itu mampu mencengkeram objek di bawah air dengan aman.

Karya ini ditampilkan di sampul Science Advances pada 13 Juli 2022. Dan dipublikasikan dengan judul "Octopus-inspired adhesive skins for intelligent and rapidly switchable underwater adhesion" sebagai jurnal akses terbuka.

Dijelaskan, manusia tidak secara alami diperlengkapi untuk berkembang di lingkungan bawah laut. Kita menggunakan tangki untuk bernapas, pakaian neoprene untuk melindungi dan menghangatkan tubuh, dan kacamata untuk melihat dengan jelas.

Dalam lingkungan seperti itu, tangan manusia juga tidak dilengkapi dengan baik untuk memegang sesuatu. Siapa pun yang mencoba memegang ikan yang menggeliat akan bersaksi bahwa benda-benda bawah air sulit digenggam dengan jari-jari kita yang terbiasa di darat.

Bartlett, asisten profesor di departemen teknik mesin Virginia Tech mengatakan, ada saat-saat kritis ketika kita tidak bisa bebas. "Alam sudah memiliki beberapa solusi hebat, jadi tim kami melihat ke dunia alam untuk mencari ide. Gurita menjadi pilihan yang jelas untuk inspirasi."

Penyelam penyelamat, arkeolog bawah air, insinyur jembatan, dan kru penyelamat semuanya menggunakan tangan mereka untuk mengeluarkan orang dan benda dari air. Tangan manusia dengan kemampuan yang lebih kecil untuk memegang benda licin harus menggunakan lebih banyak kekuatan.

Sementara pegangan besi terkadang dapat membahayakan operasi tersebut. Ketika sentuhan halus diperlukan, akan sangat membantu jika tangan dibuat khusus untuk air.

Itu adalah pelengkap yang Bartlett dan rekan penelitinya coba bangun. Timnya di Lab Bahan dan Struktur Lunak mengadaptasi solusi biologis ke dalam teknologi baru yang terbuat dari bahan lunak dan robotika.

Seperti diketahui, gurita adalah salah satu makhluk paling unik di planet ini. Ia dilengkapi dengan delapan lengan panjang yang dapat memegang banyak hal di lingkungan perairan.

Dalam perpaduan yang indah antara alat praktis dan kecerdasan, lengan ini ditutupi dengan pengisap yang dikendalikan oleh sistem otot dan saraf hewan laut.

Setiap pengisap, berbentuk seperti ujung pendorong. Memberikan kontribusi kemampuan mencengkeram yang kuat.

Sarung tangan dengan pengisap sintetis dan sensor yang terintegrasi erat (Virginia Tech)