Dampak Perubahan Iklim: Gletser Andes yang Sinkron dengan Es Kutub

By Wawan Setiawan, Senin, 18 Juli 2022 | 11:00 WIB
Para ilmuwan telah menunjukkan bahwa gletser di pegunungan Andes tropis telah sinkron dengan luasnya es kutub di Antarktika dan Kutub Utara selama hampir satu juta tahun. (iStock, Agustavop)

Nationalgeographic.co.id—Menurut studi baru, gletser di pegunungan tropis mengalami dampak perubahan iklim yang sama seperti yang terjadi di daerah kutub Antarktika dan Belahan Bumi Utara. Hasil studi tersebut diterbitkan di jurnal Nature pada 13 Juli dengan judul 700,000 years of tropical Andean glaciation.

Studi dilakukan oleh tim ilmuwan internasional, termasuk Robert Hatfield, asisten profesor di Departemen Ilmu Geologi Universitas Florida. Studi ini yang pertama menunjukkan bahwa efek gas rumah kaca dan pendorong lain dari suhu bumi berdampak pada gletser di belahan Selatan. Ini memiliki kecepatan yang sama seperti lapisan es di utara.

Untuk memperoleh temuan mereka, para peneliti menggunakan endapan sedimen dari Danau Junín, dataran tinggi di Andes Peru. Dengan tujuan untuk membuat catatan perubahan glasial yang membentang kembali 700.000 tahun.

Hatfield menjelaskan bahwa banyak dari apa yang ilmuwan ketahui tentang perubahan glasial masa lalu berasal dari catatan pertumbuhan dan pembusukan es yang terjadi di Belahan Bumi Utara.

"Saat kami mencoba memahami bagaimana iklim bekerja di seluruh dunia, kami membutuhkan lebih dari sekadar catatan yang dipengaruhi dan bias terhadap Belahan Bumi Utara," kata Hatfield.

Catatan danau berbasis darat yang dikumpulkan oleh Hatfield dan rekan-rekannya cocok dengan durasi catatan inti es dari Antartika. Ini mencakup kerangka waktu terlama yang pernah dikumpulkan dari Belahan Bumi Selatan.

Ketika gletser meluas di Andes yang tinggi, mereka mengikis pegunungan di sekitar mereka, kata penulis studi. (Union College)

"Apa yang membuat temuan kami unik adalah bahwa kami bisa mendapatkan catatan glasiasi Alpen tropis yang berkelanjutan dan independen untuk pertama kalinya," katanya. "Kuncinya adalah bahwa daerah tropis mengikuti irama dan irama yang sama dengan apa yang terjadi di belahan bumi utara."

Terlepas dari variasi radiasi matahari antara kedua belahan bumi, penelitian menunjukkan perubahan gletser di kedua wilayah terjadi pada waktu yang bersamaan. Hal ini menunjukkan bahwa kenaikan konsentrasi gas rumah kaca di atmosfer terkait dengan perubahan volume lapisan es di utara. Hal itu juga turut memengaruhi seluruh planet secara bersamaan.

Ketika gletser meluas di Andes yang tinggi, mereka mengikis pegunungan di sekitar mereka. Lalu mengirimkan sedimen yang terkandung dalam air lelehan ke Danau Junín. Di masa yang lebih hangat ketika gletser tidak ada, karbonat disimpan di danau sebagai gantinya.

Untuk mengumpulkan data, ahli geologi meluncurkan misi pengeboran besar-besaran di danau pada tahun 2015. Misi ini didanai oleh National Science Foundation dan International Continental Scientific Drilling Program. Bekerja sepanjang waktu selama tujuh minggu, kelompok itu mengambil sedimen sepanjang 100 meter dari cekungan danau. Dengan sedimen pulih, para peneliti menghabiskan beberapa tahun ke depan mengembangkan model usia yang solid.

Para peneliti dan operator pengeboran bekerja sepanjang waktu selama tujuh minggu, mengebor 100 meter ke Danau Junin, tinggi di Andes Peru. Bekerja dalam dua shift 12 jam, para ilmuwan mengumpulkan untuk membantu mereka membuat catatan perubahan glasial yang membentang kembali hampir 1 juta tahun. (Charlie Casey)