Lima Sungai Paling Berbahaya di Dunia: Wharfe hingga Potomac

By Utomo Priyambodo, Rabu, 20 Juli 2022 | 11:00 WIB
Sunga Wharfe, salah satu sungai paling berbahaya di dunia. (Geograph Britain and Ireland/Wikimedia Commons)

Nationalgeographic.co.id—Sungai-sungai tertentu dianggap berbahaya karena berbagai macam alasan. Sungai-sungai berbahaya dalam daftar ini menunjukkan sebagian besar ancaman tersebut.

Sungai-sungai ini adalah yang sungai-sungai terpanjang, terdalam, dan paling mematikan di dunia. Sungai-sungai ini mengandung banyak ancaman dari kehidupan hewan, jeram, deras, arus tak terduga, dan air terjun.

Beberapa dari sungai ini cukup terkenal, seperti Sungai Kongo dan Amazon. Beberapa sungai yang lain, seperti Sungai Wharfe, kurang begitu terkenal, tetapi itu tidak membuat mereka kurang berbahaya.

Berikut ini adalah lima sungai paling berbahaya di dunia seperti dikutip dari Ocean Info.

1. Sungai Wharfe

Sungai ini berlokasi di Inggris. Aspek berbahaya dari sungai ini adalah terowongan-terowongan tersembunyi di tepiannya yang bisa menyedot orang masuk ke dalamnya.

Sungai Wharfe terletak di Yorkshire, Inggris, dan telah mendapatkan reputasi untuk membunuh siapa saja yang jatuh ke perairannya. Sungai ini mampu menelan seluruh tubuh orang tersebut.

Sungai Wharfe di Inggris. (geograph.org.uk)

Bagian yang paling terkenal dari sungai ini sangat kecil, hanya enam kaki, terletak di antara Menara Barden dan Biara Bolton. Celah sempit ini memungkinkan sungai itu untuk memiliki kecepatan aliran yang luar biasa.

Ada banyak cerita, seperti yang direkam oleh penduduk setempat dan organisasi berita bahwa pada tahun 2011 beberapa pria, wanita, dan anak-anak tersedot ke dalam terowongan-terowongan yang tersemunyi di sungai ini dan tidak pernah terlihat lagi.

2. Sungai Kongo

Sungai ini berlokasi di Afrika. Aspek berbahaya dari sungai ini adalah kedalamannya yang sangat dalam dan banyak jeram serta air terjun di sepanjang aliran sungai ini.