Lebih Banyak Spesies Terancam Punah dari yang Diperkirakan Sebelumnya

By Ricky Jenihansen, Rabu, 20 Juli 2022 | 13:00 WIB
Survei ini menerima tanggapan dari ilmuwan-ilmuwan di 187 negara. (Andy Underwood-Bultmann)

Nationalgeographic.co.id—Survei keanekaragaman hayati global baru mengungkap temuan bahwa lebih banyak spesies terancam punah daripada yang diperkirakan sebelumnya. Survei tersebut menerima 3.331 tanggapan dari para ilmuwan yang mempelajari keanekaragaman hayati di 187 negara.

Laporan survei baru tersebut diterbitkan dalam Journal Frontiers in Ecology and the Environment. Publikasi tersebut dapat diperoleh daring dengan judul "Expert perspectives on global biodiversity loss and its drivers and impacts on people."

Survei tersebut dipimpin oleh Forest Isbell, seorang profesor di University of Minnesota. Para ilmuwan mencoba untuk mengisi beberapa kesenjangan dalam pemahaman dengan mensintesis perspektif ribuan ahli keanekaragaman hayati di seluruh dunia.

Seperti diketahui, dengan jutaan spesies tumbuhan dan hewan yang tersebar di setiap bioma di planet ini, keanekaragaman hayati adalah topik yang kompleks. Para ahli dari seluruh dunia perlu berkomunikasi lintas batas untuk membawa tantangan global terhadap keanekaragaman hayati menjadi fokus.

Bagaimana peneliti dapat berbagi temuan mereka untuk membangun pemahaman bersama tentang risiko dan peluang untuk bertindak?

Meskipun kemajuan substansial dalam memahami hilangnya keanekaragaman hayati global, kesenjangan pengetahuan taksonomi dan geografis utama tetap ada. Pengambil keputusan sering mengandalkan penilaian ahli untuk mengisi kesenjangan pengetahuan.

Tapi jarang dapat terlibat dengan kelompok spesialis yang cukup besar dan beragam. "Untuk meningkatkan pemahaman tentang perspektif ribuan ahli keanekaragaman hayati di seluruh dunia, kami melakukan survei dan meminta para ahli untuk fokus pada taksa dan ekosistem air tawar, darat, atau laut yang paling mereka kenal," tulis peneliti dalam laporannya.

"Kami menemukan beberapa poin konsensus yang luar biasa, misalnya, beberapa pendorong hilangnya keanekaragaman hayati berinteraksi secara sinergis. Dan perbedaan demografis dan geografis yang penting dalam perspektif dan perkiraan spesialis.

Survei ini menerima tanggapan dari ilmuwan-ilmuwan di 187 negara yang mencakup semua kelompok besar spesies, habitat, dan ekosistem. Studi ini juga mengidentifikasi perbedaan demografis dan geografis yang penting dalam perspektif dan perkiraan para ahli.

Lebih banyak spesies terancam punah daripada yang diperkirakan sebelumnya. (Copernicus)

"Makalah ini mencakup perspektif para ahli yang sangat luas dan memungkinkan kami untuk menilai taksa yang kurang dikenal serta memberikan suara kepada para ahli yang kurang terwakili dalam literatur global," kata rekan penulis Patricia Balvanera di University of Mexico dalam rilis media.

Menurutnya, para ahli yang mengidentifikasi sebagai perempuan dan yang berasal dari Global South telah memberikan perkiraan yang jauh lebih tinggi untuk hilangnya keanekaragaman hayati di masa lalu dan dampaknya,"