Konsumsi Vitamin B6 Dosis Tinggi Mengurangi Kecemasan dan Depresi

By Ricky Jenihansen, Kamis, 21 Juli 2022 | 13:00 WIB
Ilustrasi depresi (Shutterstock)

Nationalgeographic.co.id—Studi baru dari University of Reading menemukan bahwa konsumsi tablet vitamin B6 dosis tinggi terbukti mengurangi perasaan cemas dan depresi. Para ilmuwan mengukur dampak pada orang dewasa muda yang mengonsumsi suplemen setiap hari selama sebulan.

Hasil penelitian tersebut telah diterbitkan di jurnal Human Psychopharmacology: Clinical and Experimental. Publikasika tersebut dapat diperoleh daring dengan judul "High-dose Vitamin B6 supplementation reduces anxiety and strengthens visual surround suppression."

Penelitian tersebut memberikan bukti berharga untuk mendukung penggunaan suplemen yang dianggap dapat mengubah tingkat aktivitas di otak untuk mencegah atau mengobati gangguan mood.

David Field, penulis utama dari School of Psychology and Clinical Language Sciences di University of Reading, mengatakan: "Fungsi otak bergantung pada keseimbangan antara neuron rangsang yang membawa informasi dan penghambat, yang mencegah aktivitas yang tidak terkendali."

Menurutnya, teori terbaru telah menghubungkan gangguan mood dan beberapa kondisi neuropsikiatri lainnya dengan gangguan keseimbangan ini, seringkali ke arah peningkatan tingkat aktivitas otak.

"Vitamin B6 membantu tubuh memproduksi pembawa pesan kimia tertentu yang menghambat impuls di otak, dan penelitian kami menghubungkan efek menenangkan ini dengan berkurangnya kecemasan di antara para peserta."

Vitamin B6 dosis tinggi terbukti mengurangi perasaan cemas dan depresi (University of Reading)

Sementara penelitian sebelumnya telah menghasilkan bukti bahwa multivitamin atau marmite dapat mengurangi tingkat stres. Beberapa penelitian telah dilakukan di mana vitamin tertentu yang terkandung di dalamnya mendorong efek ini.

Studi baru berfokus pada peran potensial Vitamin B6, yang diketahui meningkatkan produksi GABA (Gamma-Aminobutyric Acid) tubuh. Senyawa kimia tersebut memblokir impuls di antara sel-sel saraf di otak.

Dalam uji coba saat ini, lebih dari 300 peserta secara acak diberikan suplemen Vitamin B6 atau B12 jauh di atas asupan harian yang direkomendasikan (sekitar 50 kali tunjangan harian yang direkomendasikan) atau plasebo, dan mengambil satu hari dengan makanan selama sebulan.

Studi menunjukkan bahwa Vitamin B12 memiliki sedikit efek dibandingkan dengan plasebo selama masa percobaan, tetapi Vitamin B6 membuat perbedaan yang dapat diandalkan secara statistik.

Peningkatan kadar GABA di antara peserta yang telah mengonsumsi suplemen Vitamin B6 dikonfirmasi oleh tes visual yang dilakukan pada akhir percobaan. Temuan tersebut mendukung hipotesis bahwa B6 bertanggung jawab atas pengurangan kecemasan.