Mempelajari Penutur 45 Bahasa, Mengungkap Jaringan Bahasa Universal

By Ricky Jenihansen, Jumat, 22 Juli 2022 | 07:00 WIB
Dalam studi pencitraan otak, ahli saraf menemukan pola aktivasi otak yang serupa di seluruh area bahasa. (Christine Daniloff, MIT)

Nationalgeographic.co.id—Ahli saraf Massachusetts Institute of Technology (MIT) telah melakukan studi pencitraan otak dari penutur 45 bahasa yang berbeda. Hasilnya menunjukkan bahwa jaringan bahasa penutur 45 bahasa pada dasarnya sama dengan penutur asli bahasa Inggris. Temuan tersebut mengungkap jaringan bahasa universal.

Seperti diketahui, saat ini sekitar 7.000 bahasa digunakan di seluruh dunia. Ini didistribusikan di lebih dari 100 keluarga bahasa, kelompok bahasa yang diturunkan dari bahasa nenek moyang yang sama, yang disebut bahasa proto. Ukurannya bervariasi dari dua hingga lebih dari 1.500 bahasa.

Sifat-sifat tertentu dari bahasa manusia telah diperdebatkan menjadi universal. Termasuk kapasitas mereka untuk produktivitas dan efisiensi komunikatif. Namun, bahasa adalah satu-satunya sistem komunikasi hewan yang bermanifestasi dalam berbagai bentuk.

Temuan ini, meskipun tidak mengejutkan, menetapkan bahwa lokasi dan properti kunci dari jaringan bahasa tampak universal. Karya ini juga meletakkan dasar untuk studi masa depan elemen linguistik yang akan sulit atau tidak mungkin dipelajari dalam penutur bahasa Inggris. Itu karena bahasa Inggris tidak memiliki fitur tersebut.

"Studi ini sangat mendasar, memperluas beberapa temuan dari bahasa Inggris ke berbagai bahasa," kata Evelina Fedorenko dan rekan dalam rilis media. Fedorenko adalah Associate Professor of Neuroscience di MIT dan anggota McGovern Institute for Brain MIT Riset.

"Harapannya adalah bahwa sekarang kita melihat bahwa sifat-sifat dasar tampaknya umum di seluruh bahasa, kita dapat bertanya tentang perbedaan potensial antara bahasa dan keluarga bahasa dalam bagaimana mereka diterapkan di otak, dan kita bisa mempelajari fenomena yang sebenarnya tidak ada dalam bahasa Inggris."

Untuk mendorong inklusivitas dalam penelitian bahasa, Saima Malik-Moraleda dan rekan-rekannya dari MIT dan Harvard University meneliti apakah ada respons otak bersama di 45 bahasa dalam 12 keluarga bahasa.

Yaitu Afro-Asiatik, Austro-Asiatik, Austronesia, Dravida, Indo- Eropa, Japonik, Korea, Atlantik-Kongo, Sino-Tibet, Turki, Ural, dan sebuah isolat, Basque, yang secara efektif merupakan keluarga satu bahasa.

Jaringan bahasa di penutur asli berbagai bahasa. (Malik-Moraleda et al.)

Untuk setiap bahasa, para peneliti memeriksa respons otak pada satu atau dua penutur asli yang mendengarkan kutipan 'Alice in Wonderland' yang diterjemahkan ke dalam bahasa ibu mereka.

Semua bahasa asli mengaktifkan area yang luas dari korteks frontal kiri, temporal dan parietal di otak. Tanggapan dari jaringan yang berhubungan dengan bahasa ini lebih kuat dan lebih berkorelasi di belahan otak kiri. Dibandingkan belahan kanan saat subjek mendengarkan cerita yang berbeda dalam bahasa ibu mereka.

Jaringan lebih responsif selama mendengarkan bahasa asli daripada saat melakukan memori kerja spasial atau tugas aritmatika. Hal itu menunjukkan bahwa jaringan umum ini selektif untuk pemrosesan bahasa.