Musim Dingin Musnahkan Reptil Non-Dino, Membuka Jalan Bagi T. Rex

By Wawan Setiawan, Senin, 25 Juli 2022 | 10:00 WIB
Dengan aliran lava di kejauhan, dinosaurus theropoda berbulu primitif membawa korban mamalia selama musim dingin vulkanik bersalju yang disebabkan oleh letusan besar selama Trias-Jurassic Extinction. (Larry Felder)

Nationalgeographic.co.id—Banyak dari yang kita ketahui teori konvensional tentang bagaimana dinosaurus mati 66 juta tahun yang lalu. Dimulai dari teori dalam tabrakan berapi-api Bumi dengan meteorit, dan musim dingin global berikutnya ketika debu dan puing-puing mencekik atmosfer.

Tapi ada kepunahan sebelumnya, jauh lebih misterius dan kurang dibahas. Kondisi 202 juta tahun yang lalu, telah membunuh reptil besar yang sampai saat itu menguasai planet ini. Tampaknya, kondisi itu justru membuka jalan bagi dinosaurus seperti T. Rex untuk mengambil alih. Lalu apa yang menyebabkan kondisi itu disebut Kepunahan Trias-Jurassic, dan mengapa dinosaurus berkembang pesat ketika makhluk lain mati?

Sebelumnya kita tahu bahwa dunia umumnya panas dan beruap selama Periode Trias. Ini yang mendahului kepunahan, dan selama Jurassic berikutnya yang memulai zaman dinosaurus. Namun, sebuah studi baru mengubah gagasan tentang dinosaurus yang menyukai panas. Ini menyajikan bukti fisik pertama bahwa spesies dinosaurus Trias secara teratur mengalami kondisi beku di sana. Kemudian kelompok kecil yang sebagian besar terdegradasi ke daerah kutub. Indikator-indikatornya: jejak kaki dinosaurus bersama dengan pecahan batu aneh yang hanya bisa diendapkan oleh es.

Penulis penelitian mengatakan bahwa selama kepunahan, serangan dingin yang sudah terjadi di kutub menyebar ke garis lintang yang lebih rendah. Kondisi ini telah membunuh reptil berdarah dingin. Dinosaurus yang sudah beradaptasi, selamat dari kemacetan evolusi dan akhirnya menyebar. Sisanya adalah sejarah kuno.

"Dinosaurus ada di sana selama periode Trias di bawah radar sepanjang waktu," kata Paul Olsen, ahli geologi di Lamont-Doherty Earth Observatory Universitas Columbia, dan penulis utama studi. "Kunci dominasi mereka pada akhirnya sangat sederhana. Mereka pada dasarnya adalah hewan yang beradaptasi dengan dingin. Ketika cuaca dingin di mana-mana, mereka siap, dan hewan lain tidak."

Studi tersebut, berdasarkan penggalian baru-baru ini di gurun terpencil di Cekungan Junggar China barat laut. Hasil kajiannya sendiri telah diterbitkan dalam jurnal Science Advances pada 1 Juli dengan judul Arctic ice and the ecological rise of the dinosaurs.

Superbenua Pangea 202 juta tahun yang lalu, tak lama sebelum Kepunahan Trias-Jurassic. Bukti dinosaurus awal telah ditemukan di daerah yang ditunjukkan; sebagian besar spesies terbatas pada garis lintang tinggi, dan beberapa spesies yang lebih dekat ke daerah tropis cenderung lebih kecil. Daerah merah di atas adalah Cekungan Junggar, sekarang di barat laut Cina. (Olsen et al., Science Advances, 2022)

“Sebelumnya, kami tidak memiliki bukti suhu beku dari periode ini. Buktinya berasal dari danau purba di Cina utara yang terbentuk di garis lintang tinggi selama Periode Trias. Ada kumpulan mineral dan biji-bijian yang unik dalam sedimen danau yang mengindikasikan telah diarungi ke perairan dalam oleh es.” kata Morgan Schaller, profesor ilmu bumi dan lingkungan di Rensselaer Polytechnic Institute. “Saat ini, tingkat karbon dioksida adalah 420 bagian per juta. Itu di mana saja dari 1.000 hingga 4.000 bagian per juta saat itu. ”

Dinosaurus diperkirakan pertama kali muncul selama Periode Trias di lintang selatan beriklim sedang sekitar 231 juta tahun yang lalu. Itu ketika sebagian besar daratan planet ini bergabung bersama dalam satu benua raksasa yang disebut oleh para ahli geologi Pangaea. Mereka berhasil mencapai ujung utara sekitar 214 juta tahun yang lalu. Hingga kepunahan massal pada 202 juta tahun, wilayah tropis dan subtropis yang lebih luas di antaranya didominasi oleh reptil termasuk kerabat buaya dan makhluk menakutkan lainnya.

Satu-satunya penjelasan yang masuk akal untuk kehadiran mereka adalah puing-puing rakit es (ice-rafted debris / IRD). Secara singkat, IRD terbentuk ketika es terbentuk di daratan pesisir dan menggabungkan potongan-potongan batuan di bawahnya. Pada titik tertentu es menjadi tidak tertambat dan hanyut ke badan air yang bersebelahan. Ketika mencair, batuan jatuh ke dasar, bercampur dengan sedimen halus normal. Ahli geologi telah mempelajari IRD kuno secara ekstensif di lautan, di mana ia dikirim oleh gunung es glacial. Tetapi sangat jarang di dasar danau. Penemuan Cekungan Junggar menambah sedikit catatan.

Sebuah tebing serpih di Cekungan Junggar di barat laut Cina, tempat para ilmuwan menemukan kerikil rakit es di tengah sedimen berbutir halus. (Paul Olsen)

Para penulis mengatakan kerikil itu kemungkinan diambil selama musim dingin, ketika air danau membeku di sepanjang garis pantai berkerikil. Ketika cuaca hangat kembali, bongkahan es itu melayang dengan sampel kerikil di belakangnya dan kemudian menjatuhkannya.