Dunia Hewan: Deretan Binatang Terbesar di Dunia yang Masih Hidup

By Utomo Priyambodo, Senin, 1 Agustus 2022 | 18:00 WIB
Kembalinya paus besar seperti paus biru, dan paus abu-abu-dapat membantu populasi ikan laut pulih. (Wikimedia Commons)

Nationalgeographic.co.id—Kita tahu dahulu Bumi dihuni oleh banyak jenis dinosaurus dan binatang raksasa lainnya. Saat ini pun masih banyak hewan berukuran sangat besar yang terus menghuni Bumi. Berikut ini adalah deretan binatang-binatang yang berukuran paling besar yang masih hidup dalam dunia hewan.

1. Paus Biru

Dalam dunia hewan, paus biru adalah hewan terbesar yang masih hidup hingga kini. Beratnya mencapai sekitar 198 ton dan panjangnya 30 meter.

Paus biru (Balaenoptera musculus). Salah satu satwa paling mengagumkan dalam dunia hewan, terutama karena kebesarannya. (Thinkstock)

Lidah mereka sendiri bisa seberat gajah dan jantung mereka seberat mobil. Uniknya, mereka bertahan hidup dengan memakan plankton kecil yang tentu saja dalam jumlah sangat besar.

2. Cumi-cumi Raksasa

Ukuran cumi-cumi raksasa sering dibesar-besarkan, dengan posting viral di internet mengatakan mereka bisa mencapai 18 meter atau bahkan 27 meter panjangnya! Namun, cumi-cumi terbesar yang didokumentasikan memiliki panjang 14 meter. Mereka memiliki mata terbesar di dunia hewan, dengan diameter mencapai 25 sentimeter!

Cumi-cumi raksasa yang ditemukan di pesisir pantai Selandia Baru. (Daniel Aplin via Live Science)

3. Gajah Afrika

Hewan darat terbesar yang masih hidup adalah gajah afrika yang beratnya bisa mencapai 7 ton. Mereka biasanya tumbuh hingga 10,6 meter panjangnya dari belalai ke ekor dan memiliki tinggi bahu 4,2 meter.

Kawanan gajah afrika (Zika Zakiya)

Setidaknya ada dua spesies gajah afrika, yakni gajah sabana dan gajah hutan. Saat ini mereka disebut-sebut sebagai spesies rentan dalam Daftar Merah Spesies Terancam IUCN.