Dunia Hewan: Temuan 30 Spesies Baru Laut Dalam di Dasar Laut Pasifik

By Wawan Setiawan, Senin, 1 Agustus 2022 | 08:00 WIB
Peniagone vitrea adalah salah satu spesies laut dalam tertua yang diketahui, ditemukan oleh ekspedisi Challenger pada tahun 1870-an. (© DeepCCZ expedition, Gordon & Betty Moore Foundation & NOAA)

Nationalgeographic.co.id—Para ilmuwan dari Museum Sejarah Alam di Inggris telah menemukan keberadaan lebih dari 30 spesies baru dunia hewan laut dalam yang berpotensi hidup di dasar laut. Spesies baru ini dikumpulkan dari dataran abyssal Zona Clarion-Clipperton di Pasifik tengah menggunakan kendaraan yang dioperasikan dari jarak jauh (ROV).

Zona Clarion-Clipperton (CCZ) mencakup lebih dari lima juta kilometer persegi di Samudra Pasifik. Zona ini terletak di antara Hawaii dan Meksiko. Ini adalah sekitar 5.500 meter di bagian terdalamnya.

Secara total, ROV mengumpulkan 48 spesies yang berbeda. Sembilan di antaranya sudah diketahui oleh sains. Tetapi 39 sisanya mungkin merupakan spesies yang baru. Namun, tidak mudah untuk mengaksesnya.

“Penelitian ini penting tidak hanya karena jumlah spesies baru yang berpotensi ditemukan tetapi karena spesimen megafauna ini sebelumnya hanya dipelajari dari gambar-gambar dasar laut. Tanpa spesimen dan data DNA yang mereka miliki, kami tidak dapat mengidentifikasi hewan dengan benar dan memahami berapa banyak spesies berbeda yang ada.” kata Guadalupe Bribiesca-Contreras, penulis utama studi baru. Ia mengungkapkan keragaman yang sebelumnya tidak diketahui ini.

Hasil studi temuan ini telah dipublikasikan di jurnal ZooKeys pada 18 Juli 2022 berjudul Benthic megafauna of the western Clarion-Clipperton Zone, Pacific Ocean.

Psychropotes dyscrita, dijuluki tupai bergetah, adalah sejenis teripang yang ditemukan di laut dalam. (© DeepCCZ expedition, Gordon & Betty Moore Foundation & NOAA)

Bintang laut Zoroaster yang tidak teridentifikasi ini adalah salah satu spesies yang mungkin baru bagi ilmu pengetahuan. (© DeepCCZ expedition, Gordon & Betty Moore Foundation & NOAA)

“Kita tahu bahwa hewan berukuran milimeter kecil yang disebut makrofauna sangat beraneka ragam di dalam jurang. Namun, kami tidak pernah benar-benar memiliki banyak informasi tentang hewan yang lebih besar yang kami sebut megafauna. Ini dikarenakan sangat sedikit sampel yang dikumpulkan.” kata peneliti Merit Dr. Adrian Glover, yang memimpin Kelompok Penelitian Laut Dalam Museum, seperti yang dilaporkan The Guardian. “Studi ini adalah yang pertama menunjukkan bahwa keragaman mungkin sangat tinggi dalam kelompok-kelompok ini juga.”

CCZ telah menjadi subjek yang menarik bagi para ilmuwan untuk mengevaluasi dampak penambangan dasar laut terhadap lingkungan ini; Namun, itu jauh dan sulit untuk diteliti.

“Laut dalam cukup dipelajari. Mahal untuk pergi keluar dengan kapal pesiar penelitian, dan mereka biasanya tidak kembali ke daerah yang sama. Satu masalah adalah bahwa di CCZ, kawasan telah dilindungi, tetapi kami hanya tahu sedikit tentang mereka.” tutur Guadalupe.

    

Baca Juga: Dunia Hewan: Bagaimana Kucing Domestik Dapat Hidup Berkelompok?