Dunia Hewan: Bagaimana Kucing Domestik Dapat Hidup Berkelompok?

By Wawan Setiawan, Minggu, 31 Juli 2022 | 14:00 WIB
Mereka tinggal di ruang yang sama dan menjalin hubungan persahabatan, tetapi mereka mungkin bukan teman satu kelompok yang erat. (Koyasu et al., CC-BY 4.0)

Nationalgeographic.co.id - Jika Anda sudah memiliki kucing yang hidup bersama, atau sedang memikirkan untuk memiliki dua kucing atau lebih, ada beberapa hal penting untuk mempertimbangkan tentang sifat sosial mereka. Mengambil langkah-langkah dalam hal ini akan membantu mereka hidup dalam harmoni, tanpa tanda-tanda tersembunyi konflik dan stres. Dan berharap, semoga akan meningkatkan ikatan Anda dengan kucing Anda.

Perilaku kucing bisa sangat halus dan hanya karena kucing tidak berkelahi atau mendesis satu sama lain, itu tidak berarti mereka berteman. Ini dapat membantu untuk melihat mereka berhati-hati dalam menilai apakah mereka cocok dan mempertimbangkan di mana sumber daya mereka ditempatkan, untuk memastikan kucing Anda semua hidup bersama dengan bahagia.

Sebuah analisis baru mengeksplorasi hubungan antara kadar hormon kucing domestik, mikrobioma usus, dan perilaku sosial. Analisis tersebut menjelaskan bagaimana hewan soliter ini hidup dalam kepadatan yang tinggi.

Hikari Koyasu dari Universitas Azabu di Kanagawa, Jepang, dan rekannya mempresentasikan temuan ini ke dalam jurnal akses terbuka PLOS ONE pada 27 Juli 2022. Tulisan mereka diberi judul "Correlations between behavior and hormone concentrations or gut microbiome imply that domestic cats (Felis silvestris catus) living in a group are not like ‘groupmates’."

Sebagian besar spesies kucing menunjukkan perilaku soliter dan teritorial. Akan tetapi kucing domestik seringnya hidup dalam kepadatan tinggi. Hal ini menimbulkan pertanyaan tentang strategi apa yang digunakan kucing untuk membentuk kelompok yang hidup bersama. Perilaku sosial kucing dapat dipengaruhi oleh hormon dan campuran berbagai spesies mikrob yang hidup di usus mereka. Mikrob tersebut yang dikenal sebagai mikrobioma usus. Dengan mempelajari faktor-faktor ini dapat membantu menjelaskan dinamika kelompok kucing yang hidup bersama.

Dalam nada itu, Koyasu dan rekannya melakukan penelitian selama dua minggu terhadap tiga kelompok berbeda yang terdiri dari lima kucing yang hidup bersama di tempat penampungan. Mereka menggunakan kamera video untuk mengamati perilaku kucing. Mengukur kadar hormon dalam urine mereka, dan mengumpulkan kotoran untuk mengevaluasi campuran spesies mikrob dalam mikrobioma kucing.

Konsentrasi testosteron dan kortisol yang rendah pada kucing memungkinkan mereka untuk berbagi ruang dan hidup bersama, tetapi semakin tinggi oksitosin, semakin sedikit perilaku afiliatif dengan individu lain dan semakin kesepian mereka. (Koyasu et al., CC-BY 4.0)

Analisis statistik dari data mengungkapkan bahwa kucing dengan kadar hormon kortisol dan testosteron tinggi memiliki lebih sedikit kontak dengan kucing lain. Kucing dengan testosteron tinggi lebih cenderung mencoba melarikan diri. Sementara itu, kucing dengan kortisol dan testosteron rendah lebih toleran dalam berinteraksi dengan kucing lain.

Para peneliti juga menemukan kesamaan yang lebih besar dari mikrobioma usus antara kucing yang lebih sering kontak satu sama lain. Mereka juga menemukan hubungan antara mikrobioma usus, perilaku sosial, dan kadar kortisol.

 Baca Juga: Dunia Hewan: Apakah Aman Kucing dan Anjing Diberi Makan Sayuran?

 Baca Juga: Tidak Hanya Namanya, Kucing Juga Bisa Mengenal Nama Kucing Lainnya

 Baca Juga: Otak Kucing Menyusut dan Ini Semua Terjadi karena Kesalahan Manusia