Warisan Catatan Kelam Kanibalisme dari Mesir Kuno hingga Romawi

By Galih Pranata, Sabtu, 30 Juli 2022 | 09:00 WIB
Kanibalisme di Lithuania menjelang invasi Rusia pada 1571. (German plate/The Collector)

Nationalgeographic.co.idManusia telah lama mengabadikan kisah dalam mengonsumsi daging manusia dalam ritual sakral. Hal itu tidak hanya terjadi sekali dalam sejarah, tetapi berulang kali, dan dilakukan hampir di setiap pelosok dunia yang kelam.

"Bukti praktik kanibalisme telah ditemukan di Amerika Selatan, di banyak Kepulauan Pasifik, di antara beberapa suku asli Amerika kuno, dan di banyak wilayah lain di dunia," tulis Ben Thomas kepada Aeon.

Ia menulis dalam sebuah artikel berjudul "Eating people is wrong—but it’s also widespread and sacred" yang terbit pada 4 April 2017.

Bukti praktik kanibalisme telah ditemukan di Amerika Selatan, di banyak Kepulauan Pasifik, di antara beberapa suku asli Amerika kuno, dan di banyak wilayah lain di dunia. Pada tahun 1881, arkeolog Prancis, Gaston Maspero, mendobrak sebuah makam di Saqqara.

Di ujung jalan lintas bawah tanah yang panjang, ia menemukan galeri relief yang dicat cerah: pemandangan panen, upacara kuil, pertempuran dengan musuh. Ada juga prasasti ritual yang berisi satu set mantra yang dikenal sebagai Teks Piramida, berbunyi:

"Firaun adalah [dia]Yang hidup dari setiap dewa,Yang memakan isi perutnya …Firaun adalah dia yang memakan manusia dan hidup dari dewa."

'Himne Kanibal' ini merupakan ritus dan tradisi yang diabadikan dari budaya kuno, bersifat sangat sakral yang akarnya mencapai jauh ke zaman prasejarah, ke masa sebelum dimulainya budaya penulisan.

Penulis Yunani, Diodorus Siculus, menulis ribuan tahun kemudian—sekitar abad pertama SM, mencatat sebuah cerita kuno di mana Osiris melarang orang-orang Mesir Kuno untuk saling memakan.

 Baca Juga: Sejarah Kelam Mumi Mesir di Eropa: Dibongkar, Dihancurkan dan Dimakan

 Baca Juga: Kanibalisme: Ditabukan Manusia, Dijadikan Dalih Penjajahan Barat

 Baca Juga: Penampakan Hancurnya Tengkorak Pemburu 8.000 Tahun, Jadi Korban Ritual

Faktanya, kanibalisme terus bertahan (atau muncul kembali) di dunia Barat hingga zaman berkuasanya Romawi. Klan Druid tertentu tampaknya telah mempraktikkan pengorbanan manusia dan kanibalisme pada abad-abad awal M.