Layaknya Zombie, Suku Filipina Kuno Pesta Makan Otak Manusia

By Galih Pranata, Selasa, 2 Agustus 2022 | 09:00 WIB
Pesta Otak Orang Indian Tinguian, seperti yang ditemukan dalam buku tahun 1850-an oleh Paul P. de la Gironiere. (The Project Gutenberg)

Nationalgeographic.co.idSeorang penjelajah Prancis bernama Paul de La Gironière, telah menerbitkan bukunya yang fenomenal di awal abad ke-19. Sebuah fakta yang mengungkap kengerian dari masyarakat awal Filipina.

Twenty Years In The Philippines (1819-1839) yang terbit pertama pada tahun 1853, mengisahkan kedatangannya pertama di Filipina pada tahun 1819.

"Petualang dalam dirinya berpikir adalah ide yang baik untuk tinggal di negara itu sementara waktu demi mempraktikkan profesinya (dia adalah seorang dokter mata)," tulis koresponden Filipi Know.

Artikelnya diterbitkan dalam judul 6 True Stories From Philippine History Creepier Than Any Horror Movie pada 4 Januari 2022.

Di Filipina, ia mulai mendirikan kota Jala Jala di provinsi Rizal saat ini. Ia mengelolanya selama hampir 20 tahun hingga kematian istri dan putranya. Bersama Alila, asistennya, ia berhenti di suatu tempat dalam ekspedisinya di Jala Jala.

Mereka berhenti di wilayah Tinguians of Abra, kawasan di mana suku Tinguian tinggal selama berabad-abad lamanya. Kelompok etnis itu dikenal sangat ramah kepada kedua penjelajah Prancis itu.

Menurut bukunya, Gironière dan asistennya mendapati kelompok etnis itu lebih baik dari yang mereka duga. Saking ramahnya, mereka ditawari oleh pemimpin suku untuk turut dalam perayaan ritus mereka.

Dari sana, mereka mendapatkan undangan kehormatan sebagai pengunjung dan orang asing yang diterima dengan baik oleh suku pedalaman Filipina. Datanglah mereka menemui jamuan suku Tinguian. Betapa terkejutnya mereka ketika datang dalam undangan.

Ternyata, Gironière dan Alila diundang untuk ambil bagian dalam "brain party" atau pesta otak—sebuah perayaan tradisional yang diadakan setiap kali kelompok tersebut memenangkan pertempuran melawan suku saingan.

Seperti yang dijelaskan oleh Gironière dalam bukunya, tradisi aneh dimulai dengan para pemimpin dan prajurit Tinguian yang duduk di sekitar ruang yang mereka anggap sakral dan "suci."

   

Baca Juga: Konyak, Suku Pemburu Kepala Terakhir di India dan Tradisi Tatonya