Ada Hubungan Kuat Kepunahan Massal dan Perubahan Suhu Global

By Ricky Jenihansen, Senin, 1 Agustus 2022 | 17:00 WIB
Ada hubungan kuat antara kepunahan massal dan perubahan suhu global dalam waktu geologis. (Pixabay)

Nationalgeographic.co.id—Penelitian baru dari Tohoku University menemukan bukti ada hubungan kuat antara kepunahan massal dan perubahan suhu global dalam waktu geologis. Hubungan tersebut mengungkapkan pandangan yang lebih optimis tentang peristiwa kepunahan di masa depan.

Penelitian tersebut dipublikasikan dalam jurnal Biogeosciences dengan judul "Relationship between extinction magnitude and climate change during major marine and terrestrial animal crises" belum lama ini.

Untuk diketahui, kepunahan massal besar-besaran di Fanerozoikum Eon terjadi selama perubahan iklim global yang tiba-tiba. Peristiwan itu disertai dengan kerusakan lingkungan yang didorong oleh letusan gunung berapi besar dan dampak proyektil.

Hubungan antara anomali suhu daratan dan kepunahan hewan darat, serta perbedaan respons antara hewan laut dan darat terhadap perubahan iklim yang tiba-tiba di Fanerozoikum, belum dievaluasi secara kuantitatif.

Analisis baru ini menunjukkan bahwa besarnya kepunahan besar pada invertebrata laut dan tetrapoda terestrial itu. Hal itu berkorelasi baik dengan anomali kebetulan suhu permukaan global dan habitat selama krisis biotik, terlepas dari perbedaan antara pemanasan dan pendinginan

Pemanasan global. (iStockphoto)

Sampai saat ini, ada beberapa evaluasi kuantitatif tentang hubungan antara anomali suhu tanah dan kepunahan hewan darat. Selain itu, hewan laut dan hewan darat telah mengalami tingkat kepunahan yang berbeda, dan fenomena ini masih belum dieksplorasi.

Profesor Emeritus Kunio Kaiho menunjukkan bahwa tingkat kepunahan invertebrata laut dan tetrapoda darat berhubungan dengan penyimpangan suhu permukaan global dan habitat. Terlepas dari apakah itu pendinginan atau pemanasan.

Hilangnya spesies selama 'lima besar' kepunahan besar berkorelasi dengan pendinginan global lebih dari 7 derajat Celcius dan pemanasan global lebih dari 7-9 derajat Celcius untuk hewan laut. Sedangkan pendinginan global lebih dari 7 derajat Celcius dan suhu global lebih 7 derajat Celcius pemanasan untuk tetrapoda terestrial.

"Temuan ini menunjukkan bahwa semakin besar perubahan iklim, semakin besar kepunahan massal," kata Kaiho.

"Mereka juga memberi tahu kita bahwa setiap kepunahan prospektif yang terkait dengan aktivitas manusia tidak akan memiliki proporsi yang sama ketika besarnya kepunahan berubah sehubungan dengan anomali suhu permukaan global."

Kaiho mengutip penelitian sebelumnya, yang mengklaim kenaikan suhu 5,2 derajat Celcius pada suhu global rata-rata akan menghasilkan peristiwa kepunahan massal yang sebanding dengan yang sebelumnya.