Notochen bannockburnensis, Angsa Purba yang Ditemukan di Selandia Baru

By Ricky Jenihansen, Selasa, 2 Agustus 2022 | 13:00 WIB
Ahli paleontologi yang bekerja di situs penggalian Saint Bathans pada Februari 2022. (Canterbury Museum)

Nationalgeographic.co.id—Ahli paleontologi telah menemukan fosil yang diyakini milik spesies angsa tertua di Belahan Bumi Selatan. Fosil angsa purba itu ditemukan di dekat kota perburuan emas Otago di Saint Bathans.

Spesies burung yang baru diidentifikasi ini diketahui milik Anatidae, keluarga burung air yang mencakup bebek, angsa leher pendek dan angsa. Fosil tersebut dinamakan angsa Bannockburn, Notochen bannockburnensis.

Angsa purba ini hidup antara 16 dan 19 juta tahun yang lalu (zaman Miosen awal) di Danau Manuherikia, sebuah danau besar yang menutupi sebagian besar Otago Tengah modern.

Para ilmuwan dari Selandia Baru dan Australia telah mendeskripsikan angsa itu dari fosil tulang sayap. Tulang tersebut terawetkan di dekat Saint Bathans di lapisan lumpur prasejarah yang disebut formasi Bannockburn.

Meskipun kerusakan pada tulang sayap membuat penentuan ukuran yang tepat menjadi sulit. Itu mungkin sedikit lebih besar dari angsa hitam yang sekarang umum di Aotearoa Selandia Baru.

Temuan ini telah dijelaskan di jurnal Zootaxa dengan judul "A swan-sized fossil anatid (Aves: Anatidae) from the early Miocene St Bathans Fauna of New Zealand."

Tulang sayap angsa Bannockburn (Notochen bannockburnensis). (Worthy et al.)

Penulis utama makalah Trevor Worthy, dari Flinders University di Adelaide, mengatakan bentuk tulang sayap dan ukurannya yang besar menunjukkan itu milik angsa prasejarah.

"Tulang ini agak rusak tapi jelas milik anggota kelompok unggas air angsa dan angsa," kata Worthy.

"Kami tidak dapat mengatakan dengan pasti jenis unggas air raksasa seperti apa burung ini, tapi kami pikir kemungkinan besar adalah angsa, itulah sebabnya kami menyebutnya angsa Bannockburn."

Morfologi dan ukurannya menunjukkan bahwa takson ini mewakili angsa awal daripada angsa modern saat ini. Anserine yang masih ada dibagi menjadi klad Belahan Bumi Utara dan Selatan.

Fauna St Bathans diketahui memiliki anserin tertua di belahan bumi selatan, cereopsines yang tidak disebutkan namanya mungkin nenek moyang spesies Cnemiornis (angsa Selandia Baru).