Misteri Makam Suleiman, Sultan Termahsyur Kekaisaran Utsmaniyah

By Ricky Jenihansen, Rabu, 3 Agustus 2022 | 07:00 WIB
Situs tempat pemakaman yang diduga sebagai tempat pemakaman Sultan Turki Utsmaniyah Suleiman I di Szigetvar, 220 km barat daya Budapest, Hongaria. (Anadolu Agency)

Nationalgeographic.co.id—Pencarian makam Suleiman the Magnificent, sultan termahsyur Kekaisaran Utsmaniyah atau Ottoman telah sejak lama menarik perhatian para arkeolog. Tapi, sebuah bangunan yang ditemukan di Hongaria selatan mungkin mengakhiri pencarian tersebut.

Dalam laporan Archaeology, bangunan tersebut berada di sebuah desa kecil di Hongaria selatan. Seorang pembuat anggur bernama Kereszturi menemukan blok bangungan tersebut lebih dari dua dekade yang lalu ketika ia memperluas ruang bawah tanah.

Meski Kereszturi dan penduduk setempat lainnya telah lama menyebut bangunan tersebut yang terkubur di halaman mereka sebagai itu dengan "reruntuhan Turki", mereka tidak tahu bahwa ada sesuatu yang signifikan yang pernah berdiri di sana.

Dan, sampai saat ini, para arkeolog pun juga belum benar-benar mengungkap rahasia bangunan tersebut. Meski setelah dilakukan penginderaan jauh dan penggalian kemudian mengungkapkan bahwa tanah di bawah rumah dan kebun anggur Kereszturi mungkin berisi reruntuhan Turbek.

Reruntuhan tersebut merupakan tujuan ziarah Muslim yang pernah berkembang di tanah di mana Suleiman meninggal karena sebab alami pada tahun 1566 selama Pertempuran brutal Szigetvar.

Norbert Pap, seorang peneliti di Universitas Pécs di Hongaria yang memimpin penggalian mengatakan besar kemungkinan bahwa bangunan itu adalah makam Suleiman. "Namun, untuk dapat menegaskan hal ini dengan kepastian 100 persen, diperlukan pemeriksaan lebih lanjut dan penggalian bangunan lain di sekitarnya," kata Pap kepada Live Science.

Suleiman yang berusia 71 tahun meninggal di tendanya pada tahun 1566 selama kampanye militer melawan Kekaisaran Austro-Hungaria. (Anadolu Agency)

Suleiman yang berusia 71 tahun meninggal di tendanya pada tahun 1566 selama kampanye militer melawan Kekaisaran Austro-Hungaria. Dia akhirnya dimakamkan di Istanbul (kemudian dikenal sebagai Konstantinopel), dan tubuh Suleiman yang dibalsem sekarang ditempatkan di Masjid Süleymaniye di sana.

Tetapi Utsmani juga menempatkan sebuah makam peringatan kecil di tempat dia meninggal. Sejarawan tahu lokasi kasar makam peringatan ini, tetapi lokasi persisnya hilang dalam 450 tahun.

Suleiman the Magnificent sering dianggap sebagai salah satu penguasa terbesar dalam sejarah. Dia naik takhta pada tahun 1520 pada usia 26 tahun dan dengan cepat memulai serangkaian kampanye militer, memperluas kendali Utsmaniyah dari Aljir di barat hingga Baghdad di timur.

Selain kecakapan militernya, Suleiman "pemberi hukum" menyederhanakan kode hukum Utsmaniyah dan mendanai pembangunan beberapa arsitektur paling indah di Istanbul. Kehidupan pribadinya juga penuh drama karena intrik berkaitan dengan haremnya.

Dia meninggal di tenda kekaisarannya di luar kastil Szigetvár di Hongaria selatan sebelum pasukannya mengalahkan pasukan Hongaria. Para penasihatnya ingin menghindari kekosongan kekuasaan sebelum putranya, Selim II, bisa naik takhta.