Selidik Tulang Mamut yang Disembelih Manusia 37.000 Tahun yang Lalu

By Ricky Jenihansen, Kamis, 4 Agustus 2022 | 15:00 WIB
Campuran tulang rusuk, tulang tengkorak yang patah, geraham, pecahan tulang, dan bebatuan adalah tumpukan sampah dari mamut yang disembelih (Timothy Rowe / University of Texas at Austin)

Nationalgeographic.co.id—Para paleontolog telah menemukan bukti, bahwa sekitar 37.000 tahun yang lalu Mamut diburu oleh manusia di wilayah New Mexico, Amerika Serikat. Mereka menemukan tulang induk dan anak mamut yang disembelih oleh manusia.

Tulang dari bekas pemotongan mencatat bagaimana manusia membentuk potongan tulang panjang mereka menjadi pisau sekali pakai untuk memecah bangkai. Mereka kemudian membakarnya di atas api.

Yang menarik dari temuan ini adalah, tempat ditemukannya tulang ini adalah di New Mexico. Wilayah yang selama ini tidak diketahui keberadaan manusia sampai puluhan ribu tahun kemudian. Temuan ini menunjukan bahwa manusia hidup di New Mexico 37.000 tahun lalu.

Temuan ini telah diterbitkan di jurnal Frontiers in Ecology and Evolution dengan judul "Human Occupation of the North American Colorado Plateau ∼37,000 Years Ago."

Studi yang dipimpin oleh para ilmuwan University of Texas di Austin ini, menemukan bahwa situs tersebut menawarkan beberapa bukti paling konklusif bagi manusia yang menetap di Amerika Utara. Manusia ternyata telah hidup di sana jauh lebih awal dari yang diperkirakan sebelumnya.

Para peneliti mengungkapkan banyak bukti yang jarang ditemukan di satu tempat. Ini termasuk fosil dengan patahan akibat benda tumpul, pisau serpihan tulang dengan ujung yang aus, dan tanda-tanda kebakaran yang terkendali.

Sisa-sisa dua mamut yang ditemukan di New Mexico menunjukkan bahwa manusia hidup di Amerika Utara jauh lebih awal dari yang diperkirakan. (NPS)

Dan berkat analisis penanggalan karbon pada kolagen yang diekstraksi dari tulang mamut, situs ini diketahui berusia 36.250 hingga 38.900 tahun. Itu menjadikannya salah satu situs tertua yang diketahui ditinggalkan oleh manusia purba di Amerika Utara.

"Apa yang kami dapatkan luar biasa," kata penulis utama Timothy Rowe, ahli paleontologi dan profesor di UT Jackson School of Geosciences.

"Ini bukan situs karismatik dengan kerangka indah yang diletakkan di sisinya. Itu semua rusak. Tapi begitulah ceritanya."

Rowe biasanya tidak meneliti mamut atau manusia. Dia terlibat karena tulang-tulang itu muncul di halaman belakang rumahnya, secara harfiah.

Seorang tetangga melihat gading yang lapuk dari lereng bukit di properti Rowe di New Mexico pada tahun 2013. Ketika Rowe pergi untuk menyelidiki, dia menemukan tengkorak mamut yang hancur dan tulang lainnya yang tampak sengaja patah.