Dunia Hewan: Kadal Kecil Ini Berkemampuan Regenerasi Ekstrem Berulang

By Wawan Setiawan, Minggu, 7 Agustus 2022 | 07:00 WIB
Studi baru menemukan bahwa perubahan dalam lingkungan ekstraseluler yang disediakan oleh metamorfosis dan pertumbuhan tubuh memungkinkan serat otot kadal untuk membedakan dan berkontribusi pada regenerasi anggota badan. (Chikafumi Chiba)

Nationalgeographic.co.id - Tanpa diketahui orang yang lewat, dunia hewan kecil sederhana dengan kemampuan luar biasa ini hidup dan berkembang biak di hutan dan sawah Jepang. Saat ini, para peneliti dari Jepang telah menemukan bagaimana kekuatan super amfibi ini dilepaskan.

Kadal perut api Jepang ditemukan di berbagai habitat akuatik dan semi-akuatik di alam liar. Sawah, parit pinggir jalan, kolam, genangan air, dan aliran sungai yang mengalir lambat hanyalah beberapa lokasi kadal perut api dapat ditemukan. Sedangkan air yang bergolak, mereka hindari.

Spesies ini termasuk ke dalam kadal air. Mereka memakan cacing tanah, udang air asin, udang kaca, daphnia, dan kubus Tubifex beku-kering. Kadal air besar khususnya kadal air Jepang yang lebih besar juga terkadang memakan ikan guppy.

Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan di jurnal Scientific Reports pada 1 Agustus, para peneliti dari Universitas Tsukuba mempelajari kadal kecil ini. Mereka telah mengungkapkan bahwa selama regenerasi anggota badan pada kadal air mengalami dua proses perkembangan. Proses tersebut meliputi metamorfosis dan pertumbuhan tubuh. Untuk memperolehnya diperlukan menyediakan kondisi yang tepat bagi sel-sel otot untuk digunakan kembali di dalam tunggul tungkai.

Hasil studi ini diberi judul "The latent dedifferentiation capacity of newt limb muscles is unleashed by a combination of metamorphosis and body growth". Studi ini memberikan dasar kunci untuk penelitian masa depan tentang dediferensiasi, dan dapat berkontribusi pada perawatan medis untuk kerusakan otot dan penyakit.

Kadal air, yang merupakan jenis salamander semiakuatik, seperti kebanyakan amfibi lainnya mereka mengalami metamorfosis. Namun tidak seperti kerabat mereka, kadal air mampu regenerasi anggota badan berulang. Bahkan pada tahap dewasa setelah mereka telah mengalami metamorfosis. Pada beberapa spesies kadal air, individu yang telah bermetamorfosis meregenerasi otot melalui dediferensiasi atau memprogram ulang serat otot di tunggul tungkai. Mobilisasi serat ini, untuk membuat otot di tungkai yang beregenerasi.

Kadal perut api Cynops pyrrhogaster di musim kawin. A: Betina. B: Jantan. Jantan khas memiliki ekor ungu dengan bintik-bintik hitam. (Chikafumi Chiba)

"Tidak seperti diferensiasi sel, di mana sel menjadi lebih terspesialisasi. Diferensiasi sel adalah proses mereka menjadi kurang terspesialisasi," kata penulis senior studi tersebut, Profesor Chikafumi Chiba. "Sebelum penelitian kami, tidak diketahui apakah metamorfosis atau pertumbuhan tubuh adalah proses perkembangan kunci untuk dediferensiasi otot."

Para peneliti menyelidiki dediferensiasi sel otot di kadal perut api Jepang, Cynops pyrrhogaster, dengan melacak serat otot selama regenerasi anggota badan. Sementara pertumbuhan tubuh dan metamorfosis secara eksperimental tertunda atau maju. Hasilnya menunjukkan bahwa metamorfosis dan pertumbuhan tubuh keduanya diperlukan untuk diferensiasi otot.

 Baca Juga: Dunia Hewan: Peta Global Biodiversitas Semut Mengungkap Area Misteri

 Baca Juga: Temuan Sains Terbaru: Dua Spesies Kadal Tanpa Kaki Mirip Ular

 Baca Juga: Dunia Hewan: Deretan Binatang Terbesar di Dunia yang Masih Hidup