Ketika Ilmuwan Israel Selidiki Bangkai Kapai Perang Mesir-Utsmaniyah

By Ricky Jenihansen, Sabtu, 6 Agustus 2022 | 11:00 WIB
Kapal tersebut rusak parah saat perang Mesir-Utsmaniyah tahun 1831. (Public Domain)

Nationalgeographic.co.id—Sisa-sisa bangkai kapal awal abad ke-19 telah ditemukan ditemukan di laut Mediterania bersama dengan struktur pelabuhan kuno. Para arkeolog dari University of Rhode Island, Israel Antiquities Authority meyakini bahwa temuan itu adalah sisa-sisa perang Mesir-Kekaisaran Utsmaniyah atau Ottoman pada tahun 1831.

Menurut mereka, temuan ini menjelaskan periode sejarah yang jarang diketahui. Hal itu juga menunjukkan bagaimana dan di mana sisa-sisa tambahan artefak dapat ditemukan.

Struktur pelabuhan kuno yang ditemukan, diyakini berasal dari periode Helenistik (abad ketiga hingga pertama SM). Struktur tersebut ditemukan di kota Akko, salah satu pelabuhan kuno utama di Mediterania timur.

Temuan tersebut kemudian dipresentasikan dalam pertemuan tahunan American Schools of Oriental Research oleh asisten profesor URI Bridget Buxton dan William Krieger atas nama proyek Eksplorasi Pantai Israel.

Dijelaskan Buxton, tiga dari empat bangkai kapal yang ditemukan, terpelihara dengan baik. Bangkai kapal itu ditemukan di lepas pantai selatan Akko. Namun setelah terdeteksi, kemudian, badai menghilangkan beberapa meter sedimen pantai.

Untuk beberapa waktu kemudian, Terungkap adanya bangkai kapal, serta kapal besar tambahan. Bangkai kapal sekarang dikubur kembali.

Selama waktu singkat bangkai kapal itu terungkap, Otoritas Barang Antik Israel menyelidiki salah satunya. Yaitu, kapal 32 meter yang masih menyimpan gudgeon kuningan—soket kemudi dan banyak artefak kecil.

Analisis terhadap beberapa puing mengungkapkan bahwa kayu dari kapal tersebut berasal dari Turki. (Jacob Sharvit)

Di antara artefak tersebut, seperti piring, tempat lilin, dan bahkan panci masak dengan tulang di dalamnya. Analisis laboratorium oleh mereka, kemudian mengungkapkan bahwa kayu kapal itu berasal dari Turki.

Para ilmuwan Israel percaya kapal-kapal itu mungkin milik angkatan laut Mesir yang digunakan dalam Perang Mesir-Utsmaniyah tahun 1831. Kapan itu di bawah Laksamana Osman Nurredin Bey, yang kapalnya rusak parah dalam usahanya untuk menguasai Akko dalam perang itu. Kota itu akhirnya jatuh ke tangan pasukan darat Mesir di bawah Ibrahim Pasha pada tahun 1832.

Meskipun bangkai kapal dari tahun 1800-an bukanlah prioritas tertinggi di wilayah di mana peradaban kembali ribuan tahun, Buxton sangat senang dengan penemuan itu karena apa yang dikatakannya tentang di mana kapal yang jauh lebih tua dapat ditemukan.

 Baca Juga: Bangkai Kapal Terdalam di Dunia Ditemukan di Perairan Filipina