Dunia Hewan: Hibrida Babun Ini Meminjam Sepertiga Gen Sepupunya

By Wawan Setiawan, Sabtu, 6 Agustus 2022 | 14:00 WIB
Sebagian besar babun di cekungan Amboseli Kenya membawa gen dari spesies yang terkait erat, demikian temuan sebuah studi baru di jurnal Science. (Arielle Fogel, Duke University)

Nationalgeographic.co.id - Analisis genetik baru di dunia hewan babun liar di Kenya selatan mengungkapkan bahwa kebanyakan dari mereka membawa jejak hibridisasi dalam DNA mereka. Sebagai hasil dari perkawinan silang, sekitar sepertiga dari susunan genetik mereka terdiri dari gen dari spesies lain yang berkerabat dekat.

Penelitian berlangsung di daerah dekat Taman Nasional Amboseli Kenya. Di mana babun kuning kadang-kadang bertemu dan bercampur dengan tetangga babun anubis mereka yang hidup di barat laut.

Para peneliti telah memantau hewan-hewan ini hampir setiap hari sejak tahun 1971. Mereka mencatat ketika mereka kawin dengan babun luar. Juga bagaimana keturunan yang dihasilkan bernasib selama masa hidup mereka, sebagai bagian dari Proyek Penelitian Babun Amboseli. Salah satu studi lapangan terlama dari primata liar di dunia.

Babun kuning memiliki bulu berwarna kuning kecokelatan dengan pipi dan bagian bawah berwarna putih. Babun Anubis memiliki bulu abu-abu kehijauan dan jantan dengan surai berbulu di sekitar kepala mereka. Meskipun mereka adalah spesies berbeda yang menyimpang 1,4 juta tahun yang lalu. Namun, mereka dapat berhibridisasi di mana rentang mereka tumpang tindih.

Secara keseluruhan, keturunan dari serikat pekerja ini dapat dikelola dengan baik. Lima puluh tahun pengamatan tidak menunjukkan tanda-tanda yang jelas bahwa hasil hibrida lebih buruk daripada rekan-rekan mereka. Beberapa bahkan lebih baik dari yang diharapkan. Babun yang membawa lebih banyak DNA anubis dalam genom mereka matang lebih cepat dan membentuk ikatan sosial yang lebih kuat. Para jantan lebih berhasil memenangkan pasangan.

Tapi temuan genetik baru yang diterbitkan 4 Agustus di jurnal Science menunjukkan bahwa penampilan bisa menipu. Temuan tersebut diberi judul "Selection against admixture and gene regulatory divergence in a long-term primate field study."

Dalam temuan dijelaskan bagaimana keragaman spesies di Bumi dipertahankan bahkan ketika garis genetik antar spesies kabur, kata profesor Universitas Duke Jenny Tung, yang memimpin proyek tersebut bersama mahasiswa doktoralnya Tauras Vilgalys dan Arielle Fogel.

Para peneliti berfokus pada wilayah di sekitar cekungan Amboseli di Kenya selatan, di mana dua spesies babun telah bertemu dan bercampur tidak hanya sekali, tetapi beberapa kali sejak spesies tersebut menyimpang 1,4 juta tahun yang lalu. (Arielle Fogel, Duke University)

Perkawinan antarspesies secara mengejutkan umum terjadi pada hewan, kata Fogel, yang merupakan kandidat Ph.D. di Duke University Program in Genetics and Genomics. Sekitar 20% hingga 30% kera, monyet, dan spesies primata lainnya kawin silang dan mencampurkan gen mereka dengan yang lain.

Bahkan manusia modern membawa campuran gen dari kerabat yang sekarang sudah punah. Sebanyak 2% hingga 5% DNA dalam genom kita menunjukkan hibridisasi masa lalu dengan Neanderthal dan Denisovan. Hominin purba yang ditemui dan dikawinkan oleh nenek moyang kita saat mereka bermigrasi keluar dari Afrika ke Eropa dan Asia. Penghubung tersebut meninggalkan warisan genetik yang masih melekat hingga saat ini. Memengaruhi risiko depresi, pembekuan darah, bahkan kecanduan tembakau atau komplikasi dari COVID-19.

Para peneliti menganalisis genom dari sekitar 440 babun Amboseli yang mencakup sembilan generasi, mencari potongan DNA yang mungkin diwarisi dari imigran anubis.

 Baca Juga: Babun Guinea Jantan Habiskan Waktu Bersama Pasangan daripada Teman