Dampak Perubahan Iklim: Penyakit Patogen Manusia Kian Bertambah Parah

By Wawan Setiawan, Rabu, 10 Agustus 2022 | 14:00 WIB
Lebih dari separuh penyakit patogen manusia yang diketahui dapat diperburuk oleh emisi gas rumah kaca, menurut studi baru. (Adobe Stock/Pink Badger)

Nationalgeographic.co.id—Sebuah penilaian komprehensif literatur ilmiah telah menemukan bukti empiris. Temuan tersebut menjelaskan bahwa lebih dari 58% penyakit manusia yang disebabkan oleh patogen, diperparah oleh bahaya iklim. Penyakit-penyakit itu di antaranya demam berdarah, hepatitis, pneumonia, malaria, Zika dan banyak lagi.

Temuan yang membuka mata dan mengejutkan itu adalah topik makalah penelitian yang diterbitkan pada 8 Agustus di jurnal Nature Climate Change. Studi yang diberi judul Over half of known human pathogenic diseases can be aggravated by climate change itu dilakukan oleh tim peneliti dari University of Hawaii di Manoa.

Para peneliti melakukan pencarian sistemik untuk contoh empiris tentang dampak dari 10 bahaya iklim. Yang mana sensitif terhadap emisi gas rumah kaca pada setiap penyakit patogen manusia yang diketahui. Bahaya ini termasuk pemanasan, kekeringan, gelombang panas, kebakaran hutan, curah hujan ekstrim, banjir, badai, kenaikan permukaan laut, perubahan biogeokimia laut, dan perubahan tutupan lahan.

Melalui penggabungan dua daftar resmi dari semua infeksi yang diketahui dan penyakit patogen yang telah memengaruhi umat manusia dalam catatan sejarah. Para peneliti kemudian meninjau lebih dari 70.000 makalah ilmiah untuk contoh empiris tentang setiap kemungkinan. Terjadinya kombinasi dari bahaya iklim yang berdampak pada setiap penyakit yang diketahui.

Penelitian mengungkapkan bahwa 10 bahaya tersebut semuanya ditemukan memengaruhi penyakit yang dipicu oleh virus, bakteri, hewan, jamur, protozoa, tumbuhan dan chromist. Penyakit patogen terutama ditularkan oleh vector. Meskipun contoh kasus juga ditemukan untuk jalur penularan melalui air, udara, kontak langsung dan melalui makanan.

Pada akhirnya, penelitian menemukan bahwa lebih dari 58%, atau 218 dari 375, penyakit patogen manusia yang diketahui telah dipengaruhi di beberapa titik. Setidaknya oleh satu bahaya iklim, melalui 1.006 jalur unik.

Satu-satunya tanaman tumbuh dari tanah kering di sebelah suar yang membakar metana dan hidrokarbon lainnya di Permian Basin di Pecos, Texas, Rabu, 13 Oktober 2021. Akumulasi karbon dioksida dan metana dalam selimut gas yang mengelilingi Bumi menahan lebih banyak panas. Dan sekarang ada hampir tiga kali lebih banyak metana di udara daripada sebelum zaman industri. Tahun 2021 melihat peningkatan tunggal terburuk yang pernah ada. (AP Photo/David Goldman)

"Mengingat konsekuensi luas dan meluas dari pandemi COVID 19, sungguh menakutkan untuk menemukan kerentanan kesehatan besar-besaran yang dihasilkan sebagai konsekuensi dari emisi gas rumah kaca," kata Camilo Mora, profesor geografi di College of Social Sciences (CSS) dan memimpin penulis studi. "Ada terlalu banyak penyakit, dan jalur penularan. Bagi kita untuk berpikir bahwa kita benar-benar dapat beradaptasi dengan perubahan iklim. Ini menyoroti kebutuhan mendesak untuk mengurangi emisi gas rumah kaca secara global."

Halaman web interaktif yang menunjukkan setiap hubungan antara bahaya iklim dan kasus penyakit dikembangkan oleh tim peneliti. Alat ini memungkinkan pengguna untuk menanyakan bahaya tertentu, jalur dan kelompok penyakit, juga melihat bukti yang tersedia.

Temuan kunci lainnya termasuk di antaranya: Bahaya iklim membawa patogen lebih dekat ke manusia; bahaya iklim membawa orang lebih dekat dengan patogen; bahaya iklim telah meningkatkan aspek spesifik patogen, termasuk peningkatan kesesuaian iklim untuk reproduksi, percepatan siklus hidup, peningkatan musim/panjang kemungkinan paparan, peningkatan interaksi vektor patogen dan peningkatan virulensi. Bahaya iklim juga telah mengurangi kapasitas manusia untuk mengatasi patogen dengan mengubah kondisi tubuh; menambahkan stres dari paparan kondisi berbahaya; memaksa orang ke dalam kondisi yang tidak aman; dan merusak infrastruktur, memaksa terpapar patogen dan/atau mengurangi akses ke perawatan medis.

   

Baca Juga: Ilmuwan Ciptakan Teknik Baru Memerangi Krisis Iklim Berbasis Bakteri