Dinosaurus Spinosaurid Mampu Mengganti Tiga Generasi Gigi dengan Cepat

By Wawan Setiawan, Rabu, 10 Agustus 2022 | 19:00 WIB
Ilustrasi dua spesies baru spinosaurid yang dideskripsikan dari Isle of Wight Ceratosuchops inferodios (latar depan) menantang Riparovenator milnerae (latar belakang) di atas bangkai iguanodont. (Anthony Hutchings)

Nationalgeographic.co.id—Spinosauridae (atau spinosaurid) adalah keluarga dinosaurus theropoda yang terdiri dari sepuluh hingga empat belas genera yang diketahui. Mereka menjadi menonjol selama periode Kapur. Fosil Spinosaurid telah ditemukan di seluruh dunia, termasuk Afrika, Eropa, Amerika Selatan dan Asia. Sisa-sisa mereka umumnya dikaitkan dengan Cretaceous awal hingga menengah.

Sebuah studi baru telah diterbitkan di jurnal Historical Biology pada 17 Mei berjudul New contributions to the skull anatomy of spinosaurid theropods: Baryonychinae maxilla from the Early Cretaceous of Igea (La Rioja, Spain). Studi tersebut di ditulis oleh Iker Isasmendi (penulis utama) dan Xavier Pereda dari Pereda UPV/EHU-universitas negara Basque. Bekerja sama dengan Pablo Navarro dari Ur-University of La Rioja, Angélica Torices, Direktur Ketua Palaeontologi di UR. Ditambah pakar lain dari Complutense University of Madrid dan Palaeontological Visitors' Centre of La Rioja.

Para ilmuwan telah menilai kembali fosil rahang yang diterbitkan oleh Viera dan Torres pada tahun 1995. Itu ditemukan pada tahun 1983 di situs Cretaceous yang lebih rendah di IGEA (La Rioja, Spanyol). Sisa-sisa merupakan fragmen maksila kiri milik dinosaurus karnivora dan di mana 8 alveoli telah dilestarikan. Menggunakan teknik microct, mereka menemukan sisa-sisa beberapa gigi yang berkembang secara bersamaan di salah satu soket gigi ini.

"Kami mengenali hingga tiga generasi gigi dalam alveolus yang sama: gigi fungsional hewan, gigi lain terbentuk dan yang akan menggantikan yang pertama, serta ukuran kecil yang akhirnya akan mengganti yang kedua," jelas Navarro.

Rekonstruksi tengkorak dinosaurus spinosaurid. Mewarnai tempat di mana fosil seharusnya. Skala: 25 cm. (Erik Isasmendi)

"Ini menunjukkan penggantian gigi yang sangat cepat dan mungkin salah satu alasan mengapa begitu banyak gigi spinosaurid dapat ditemukan di Semenanjung Iberia selama era Kapur Bawah," tambah rekan penulis lainnya.

Sampai saat ini, beberapa spesies dinosaurus spinosaurid-medium/karnivora besar dengan tengkorak memanjang dan gigi kerucut seperti buaya. Diketahui menggantikan gigi mereka lebih cepat daripada theropoda lainnya. Hanya dalam dua bulan (tingkat penggantian yang diperkirakan 60-68 hari).

Penelitian ini menegaskan bahwa ini adalah sifat yang dibagikan oleh seluruh kelompok dan memberikan bukti bagaimana perubahan ini terjadi, yaitu dimungkinkan oleh pengembangan beberapa gigi pengganti pada saat yang sama.

Fosil rahang dinosaurus spinosaurid. (Erik Isasmendi)

"Sepanjang hidup mereka, hewan-hewan ini menumbuhkan gigi baru yang secara bertahap menggantikan yang asli dan menyebabkan mereka jatuh. Ini berarti bahwa hewan yang sama dapat menghasilkan banyak gigi," ujar Navarro.

"Gigi-gigi ini, dalam bentuk yang kurang lebih berbentuk kerucut dan satu sentimeter. Diangkut oleh sungai, terakumulasi di daerah danau dan, seiring waktu menjadi fosil," kata peneliti. “Mereka adalah salah satu sisa vertebrata yang paling umum di situs Iberia era Kapur Bawah (antara 145 dan 113 juta tahun yang lalu)."

Meskipun tidak diketahui secara tepat mengapa gigi mereka digantikan begitu sering. Namun, diyakini bahwa ini memungkinkan mereka untuk memiliki lebih banyak gigi fungsional setiap saat. Ini adalah keuntungan yang menentukan ketika menahan upaya besar yang diperlukan untuk memegang mangsa mereka dengan menjebak mereka di antara rahang mereka.